GALERI: Yamaha YZF-R15 V3 Pakai Blind Fairing untuk Balap Endurance 2 Jam

GALERI: Yamaha YZF-R15 V3 Pakai Blind Fairing untuk Balap Endurance 2 Jam

Seperti yang telah kami beritakan, OtoMods mengikuti ajang balap ketahanan 2 jam yang diselenggarakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Ajang balap bernama Yamaha Endurance Race 2022 ini dilaksanakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Awak media pun dibekali Yamaha YZF-R15 V3 yang telah dimodifikasi untuk balap.

Karena diperuntukkan untuk balap, maka Yamaha YZF-R15 V3 yang digunakan telah mendpaatkan modifikasi. Modifikasi yang dilakukan pun masih mengikuti regulasi balap yang berlaku. Sehingga beberapa komponen mendapatkan ubahan, meskipun di area mesin masih standar bawaan pabrik.

Foto: Brian

Dari sisi tampilan, Yamaha YZF-R15 V3 untuk Endurance Race ini telah mengggunakan blind fairing. Blind fairing tersebut dipasangkan grafis pada bagian wajahnya dengan stiker lampu yang mirip dengan Yamaha R15 terbaru. Sementara di bagian belakangnya telah dilepas spatbornya yang diganti dengan undertail dan menggunakan konfigurasi single seater.

Soal kaki-kakinya suspensi bawaan Yamaha YZF-R15 V3 telah diganti agar sesuai dengan performa untuk balap. Suspensi depan menggunakan Yamaha R15M dan suspensi belakang dari aftermarket. Sementara bagian ban menggunakan IRC Special Compound yang dibuat khusus untuk Yamaha.

Foto: Brian

Seperti yang telah disebutkan, mesin Yamaha YZF-R15 V3 masih standar karena menyesuaikan regulasi balap ketahanan. Namun terdapat beberapa peningkatan dari segi pembuangan dengan menggunakan knalpot full system dari Sakura. Sementara itu pengeremannya dibantu dengan selang rem braided dari RCB.

Sejumlah aksesoris pendukung balapan pun turut dipasang pada Yamaha YZF-R15 V3 ini. Seperti footstep underbone dari RCB yang dapat disetel posisinya. Kemudian lever guard dari RCB juga dipasangkan dan terdapat steering damper dari Ohlins untuk membantu pengendalian pembalap.