Katros Garage Bakal Bikin Motor Listrik dengan Konsep Kustom

Katros Garage Bakal Bikin Motor Listrik dengan Konsep Kustom

Katros Garage dikenal sebagai bengkel kustom motor-motor bensin dengan gaya retro atau neo-retro. Bengkel yang satu ini sangat dikenal mengingat kiprahnya yang sudah memodifikasi motor milik Presiden Joko Widodo. Menuju ke dunia elektrifikasi, Katros Garage dikabarkan sedang menggarap proyek motor listrik.

Hal tersebut diketahui dari Andi Akbar alias Atenx selaku pemilik Katros Garage. Atenx menyebutkan sedang mengembangkan motor listrik dengan bentuk satu motor namun dapat dipasangkan beragam aksesoris kustom. Pemilik Katros Garage itu pun berencana meluncurkan produk motor listrik pada Agustus mendatang.

"Katros mau bikin motor listrik, tapi pengembangannya fokus ke aksesorisnya. Kalau bentuk nanti ada base model, tapi lebih ke jual aksesorisnya, jadi bisa jadi cafe racer, tracker, atau scrambler gitu. Untuk pengembangan dikerjain sendiri, jadi nantinya akan ada di Katros Motorcycle," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods di Parjo 2022, Jakarta Timur, Sabtu (1/7).

Foto: Istimewa

Mengenai spesifikasi, Atenx menyebutkan produk motor listriknya memiliki kekuatan yang tidak terlalu besar. Sehingga tidak masuk dalam kategori motor listrik, namun lebih ke sepeda listrik. Mengenai jarak tempuh disebutkan olehnya hanya 10-15 km sementara kecepatannya mampu mencapai 45 km/jam.

"Untuk spesifikasi sebenarnya ini masuknya lebih ke sepeda listrik, karena enggak mau kebentur sama regulasi. Jadi nanti motornya bisa lari mungkin 45 km/jam dengan jarak 10-15 km saja. Memang enggak dibuat jarak jauh jadi yang dekat-dekat saja, tapi kalau penggunanya mau ke jalan raya ya lari 45 km/jam masih bisa ngimbangin lah," pungkas Atenx.

Mengenai komponen, saat ini Atenx menyebutkan masih mengandalkan baterai dan kontroler dari Cina. Sementara dari kaki-kaki, bodi, dan lainnya akan dikembangkan sendiri oleh Katros Garage. Mengenai riset dan pengembangan, Atenx menyebutkan perkembangannya sudah sampai 90 persen.