Knalpot Kemasukan Benda Asing Bisa Bikin Mesin Jebol?

Knalpot Kemasukan Benda Asing Bisa Bikin Mesin Jebol?

Knalpot merupakan sistem pembuangan dari sisa-sisa pembakaran pada mesin sepeda motor. Namun biasanya tanpa diketahui terdapat benda-benda asing yang dapat masuk ke dalam sistem pembuangan alias knalpot. Lantas jika kemasukan benda asing, dapatkan berpengaruh terhadap kinerja mesin?

Ribut Wahyudi selaku Service Advisor Honda Bintang Motor Cinere mengatakan ketika knalpot kemasukkan benda asing tidak akan merusak mesin. Namun hal ini bukan berarti tidak berbahaya, karena benda yang masuk ke dalam knalpot dapat mengganggu saluran pembuangan. Ribut mengatakan hal ini akan menghambat laju pembuangan bahan bakar di sepeda motor.

"Cuma disini kita melihat fungsi knalpot sendiri sebagai saluran pembuangan sisa bahan bakar. Yang berarti jika kemasukan sesuatu, saluran tersebut secara otomatis akan sedikit menghambat. Ingat ya cuma sedikit, artinya engga ada pengaruh yang signifikan," ujar Wahyudi saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Meskipun hanya sedikit mengganggu alangkah baiknya sistem pembuangan alias knalpot tidak dimasukkan benda asing. Selain menghambat pembuangan, mengeluarkan benda asing tersebut pun cukup sulit. Jika hambatan terlalu besar, biasanya tidak cukup digeber secara kencang, namun juga harus dibuka bagian knalpotnya.

Sebagai tambahan informasi, knalpot merupakan komponen berbentuk pipa panjang yang menjulang dari mesin hingga ke belakang motor. Biasanya knalpot memiliki beberapa bagian seperti header, leheran, hingga silinder. Pada beberapa motor tertentu, bagian header dan silinder dibuat terpisah atau biasa disebut sebagai slip-on.