Konversi Motor Listrik Vespa Elettrico Elders Garage Bisa Digunakan di Jalan Raya?

Konversi Motor Listrik Vespa Elettrico Elders Garage Bisa Digunakan di Jalan Raya?

Elders Garage membuat motor listrik konversi yang diambil dari Vespa Klasik dan dinamai Elettrico. Vespa Elettrico ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya pengerjaan yang hanya memakan waktu 3 jam saja. Lantas karena sudah dijual oleh bengkel konversi tersebut, bagaimana dengan legalitasnya di jalan raya?

Steve dari Elders Garage menyebutkan untuk masalah legalitas di jalan raya, pihaknya dapat membantu konsumen untuk pengurusan. Sehingga jika sudah keluar surat-suratnya, konsumen dapat menggunakan Vespa Elettrico sesuka hati tanpa khawatir. Meski demikian, Steve mengaku untuk lulus uji tipe sedikit sulit daripada yang dibayangkan.

Foto: Brian

"Jadi kami sudah beberapa kali coba untuk uji tipe, memang prosesnya cukup banyak. Mulai dari kelengkapan unit segala macem itu memang terkendala cukup lama. Tapi kalau konsumen ingin Vespa listriknya bisa digunakan di jalan raya akan kami bantu untuk pengurusan," ujar Steve ketika ditemui awak media beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Steve, untuk mengurus surat-surat motor listrik konversi memang cukup sulit. Mengingat lembaga terkait belum memiliki pakem yang jelas mengenai uji tipe dari motor listrik konversi seperti Vespa Elettrico. Namun berdasarkan pengalaman Steve, pihak Kepolisian memberikan keringanan terhadap pengguna motor listrik konversi.

Foto: Brian

"Mungkin karena ini salah satu program pemerintah percepatan elektrifikasi ya. Jadi kita pernah riding rame-rame dan ketemu Polisi, untungnya aman-aman saja tidak distop. Awalnya seperti ingin berhentikan, namun begitu tau ini adalah motor listrik konversi, langsung mundur gitu," pungkasnya.

Saat ini Elders Garage menjual electric kit atau sekaligus pemasangan dari Vespa Elettrico. Mengenai electric kit dijual dengan dua varian yakni Speedster dan Duro. Pada varian Duro menjadi yang paling murah dibanderol seharga Rp 18,5 juta dan Speedster Rp 25,8 juta.