Melihat Modifikasi Yamaha R15 V3 yang Digunakan di Balap Ketahanan 2 Jam!

Melihat Modifikasi Yamaha R15 V3 yang Digunakan di Balap Ketahanan 2 Jam!

Yamaha Endurance Race telah berlangsung pada akhir pekan kemarin 21-23 Oktober 2022 di Sirkuit Sentul Internasional. Tim OtoMods pun diundang untuk mengikuti ajang balap ketahanan tersebut untuk mengikuti kelas Community Rider 155. Lantas bagaimana dengan motor dan apa saja ubahan pada motor balap yang digunakan?

Berdasarkan hasil pantauan, motor balap yang digunakan oleh awak media di Yamaha Endurance Race 2022 adalah YZF-R15 V3. Motor yang satu ini mendapatkan sejumlah ubahan agar dapat digunakan di ajang balap. Meski demikian, modifikasi pada motor tersebut harus sesuai dengan regulasi balap yang berlaku.

Foto: Brian

Ubahan pertama dari Yamaha YZF-R15 V3 tersebut adalah mengganti fairing bawaan pabrik dengan versi blind fairing. Meskipun menggunakan blind fairing, bagian wajahnya diberikan stiker lampu yang mirip dengan Yamaha R15 terbaru. Sementara di bagian belakangnya telah dilepas spatbornya untuk diganti dengan undertail dan menggunakan konfigurasi single seater.

Di bagian kaki-kakinya telah mengganti suspensi bawaan Yamaha YZF-R15 V3 agar sesuai dengan performa untuk balap. Mulai dari suspensi depan menggunakan Yamaha R15M dan suspensi belakang dari aftermarket. Sementara bagian ban menggunakan IRC Special Compound yang dibuat khusus untuk Yamaha.

Foto: Brian

Di bagian mesin, Yamaha YZF-R15 V3 ini memang tidak mendapatkan banyak ubahan karena menyesuaikan regulasi balap. Hanya saja knalpot standarnya diganti menggunakan komponen dari Sakura. Sementara pengereman dibantu dengan selang rem braided dari RCB.

Sejumlah aksesoris pendukung balapan pun turut dipasang pada Yamaha YZF-R15 V3 ini. Seperti footstep underbone dari RCB yang dapat disetel posisinya. Kemudian lever guard dari RCB juga dipasangkan dan terdapat steering damper dari Ohlins untuk membantu pengendalian pembalap.