Porting Polish Bikin Tarikan Motor Makin Enteng, Cuma Rp 400 Ribuan!

Porting Polish Bikin Tarikan Motor Makin Enteng, Cuma Rp 400 Ribuan!

Modifikasi performa dapat dilakukan dari berbagai sektor, salah satnya dengan melakukan porting polish pada cylinder head. Ubahan porting polish dianggap dapat meningkatkan performa tanpa merogoh kocek yang cukup mahal. Setidaknya terdapat dua jenis porting polish yakni standar dan dimple bole golf.

Thomas William selaku Tuner dari Reisen Motoshop mengatakan harga untuk melakukan porting polish cylinder head cukup murah. Berdasarkan penuturannya untuk mesin dengan dua klep hanya memakan biaya Rp 400 ribu saja. Sementara untuk jenis dimple bola golf memakan biaya Rp 500 ribu.

"Itu harga dipisah semua karena ada yang datang ke sini cuma bawa head doang minta di-porting doang. Kalau bawa motor, ada biaya jasa bongkar pasangnya, jasa bongkar pasangnya 360 ribu. Kalau jasa bongkar pasangnya sih harganya sama buat semua motor," ujar William saat ditemui di Bekasi beberapa waktu lalu.

Istimewa

Sementara untuk mesin dengan empat klep, membutuhkan biaya yang sedikit lebih besar. William menyebutkan untuk porting polish biasa pada mesin dengan konfigurasi empat klep membutuhkan dana Rp 500 ribu. Sementara untuk model dimple bola golf memakan biaya hingga Rp 600 ribu.

"Kalau motornya empat klep Aerox, NMax, R15 VVA, itu jasa pasangnya sama 360 ribu, porting-nya Rp 500 ribu kalau yang biasa. Kalau yang dimple bola golf Rp 600 ribu. Cuma beda Rp 100 ribu saja sih yang biasa sama yang bola golf," pungkasnya.