Porting Polish Disebut Modifikasi yang Menambah Tenaga Tanpa Resiko

Porting Polish Disebut Modifikasi yang Menambah Tenaga Tanpa Resiko

Modifikasi porting polish pada cylinder head motor kerap dilakukan bagi para pecinta kecepatan. Ubahan pada head dengan dilakukan porting polish disebut dapat meningkatkan tenaga motor. Kira-kira apa efek sampingnya dari porting polish pada cylinder head mesin motor?

Thomas Williiam selaku Tuner bengkel Reisen Motoshop menyebutkan porting polish merupakan modifikasi yang tidak memiliki resiko. Menurutnya ketika cylinder head di-porting polish, maka tidak perlu mengganti komponen lainnya. Bahkan modifikasi ini tetap dapat menggunakan komponen ECU (Electrical Control Unit) standar bawaan pabrik.

Istimewa

"Enggak usah ganti apa-apa sih enggak masalah ya. Sangat-sangat tidak ada masalah, porting polish itu enggak memberikan efek negatif sama sekali. Walaupun pakai ECU standar juga tidak masalah, selisih boros paling beda 1% enggak terasa," ujar William saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi.

William menyebutkan porting polish di cylinder head dapat meningkatkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk menjadi lebih lancar. Sehingga bukan hanya meningkatkan tenaga, tetapi juga memungkinkan lebih irit bahan bakar, tergantung dari penggunanya. Hal ini didasari tenaga yang besar di putaran bawah sehingga torsi motor terasa sedikit lebih tajam.

Foto: Brian

"Kenapa bisa makin irit? Karena tenaga di RPM bawahnya ada. Jadi kita buka gas makin kecil, kalau buka makin kecil kan bensin semakin dikit mengalirnya. Tapi motornya sudah jalan," papar William.

William mengaku di Reisen Motoshop melakukan porting polish cylinder head memiliki harga yang cukup murah. Pada mesin 2 klep hanya memakan biaya Rp 400 ribu dan 4 klep Rp 500 ribu. Sementara untuk porting polish dimple golf memakan biaya Rp 500 ribu untuk 2 klep dan Rp 600 ribu untuk 4 klep.