Ram Air Bikin Kawasaki Ninja ZX-25R Sulit Jadi Cafe Racer

Ram Air Bikin Kawasaki Ninja ZX-25R Sulit Jadi Cafe Racer

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan motor sport 250 cc empat silinder yang memiliki teknologi canggih. Salah satu teknologinya adalah ram air yang mampu mendongkrak performa motor tersebut. Namun ternyata komponen yang satu ini justru membuat sulit jika modifikasi ke arah kustom.

Seperti yang dialami Arro selaku pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R Cafe Racer pertama di Indonesia. Menurutnya bagian ram air cukup menghalangi diesain lampu depan pada sebuah model cafe racer. Awalnya Arro ingin menggunakan satu lampu bulat saja agar tetap terlihat retro modern.

"Harusnya kan cafe racer satu lampu kan, terus kata orang bengkelnya (ram air) susah dipindahin dan punya fungsi penting. Yaudah akhirnya enggak diapa-apain karena takut kenapa-kenapa. harusnya cafe racer satu lampu kan, karena enggak bisas jadinya dua lampu," ujarnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Istimewa

Selain itu, Arro juga menyebutkan beberapa komponen tidak diganti karena takut merusak sistem ataupun sensor dari motor tersebut. Di antaranya adalah speedometer dan tangki bahan bakar yang masih menggunakan bawaan pabrik. Berdasarkan penuturan Arro, terdapat banyak indikator yang memiliki fungsi penting pada speedometer sehingga tidak diganti.

"Iya bagian tangki itu juga masih bawaan standar Kawasaki Ninja ZX-25R. Bagian speedometer juga enggak diganti karena banyak fitur dan indikator di sana. Jadi daripada motornya kenapa-kenapa akhirnya tetap dipakai saja," pungkas Arro.