Yamaha XMax 300 Hedon Pakai Kaliper Brembo Monoblock Depan Belakang!

Yamaha XMax 300 Hedon Pakai Kaliper Brembo Monoblock Depan Belakang!

Yamaha XMax bore-up menjadi 300 cc memang cukup banyak dilakukan oleh para pemiliknya. Pasalnya tenaga 250 cc, dirasa sangat kurang jika untuk perjalanan jarak jauh. Menariknya, motor yang ditemui OtoMods kali ini bukan hanya telah meningkatkan mesin 300 cc, tetapi juga menggunakan kaliper Brembo Monoblock baik di depan maupun belakangnya.

Sami Aji selaku Kepala Mekanik dari Mods Zone mengatakan Yamaha XMax 300 cc ini telah dilakukan bore-up menggunakan komponen dari TDR. Sehingga peningkatan terdapat di bagian seher dari sebelumnya 70 mm menjadi 76 mm. Sementara sisanya standar baik di head cylinder maupun di crankshaftnya.

Foto: Brian

"Dia cuma bore-up, headnya masih standar sama, paling diporting saja. Terus throttle bodinya berubah menjadi 41 mm jadi udah di reamer. Sama dibantu knalpot Akrapovic, dia enggak full system jadi leherannya itu dikustom lagi," ujar Sami ketika ditemui di Cakung, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Sami menyebutkan selain dari mesin, komponen CVT juga sudah diupgrade dari standar Yamaha XMax. Namun peningkatan terbilang cukup ringan, seperti mangkok yang dikartel, serta roller 12/13 gram yang disilang. Modifikasi yang paling ekstrim dari Yamaha XMax ini adalah di sistem pengeremannya.

Foto: Brian

"Nah pengeremannya dia yang paling mentok, dari master rem RCS 17 dan 16 dengan tabung WR3. Kalau kaliper dia pakai monoblock depan belakang Brembo M5, jadi overkill banget. Ditambah selang rem dari HEL," papar Sami menjelaskan.

Mengenai warna, Yamaha XMax 300 ini masih mengandalkan warna dan bodi originalnya. Hanya saja bodi-bodi kasar telah mendapatkan lapisan karbon kevlar dari Kabon. Sami sendiri mengungkapkan untuk pengerjaan Yamaha XMax yang satu ini cukup cepat yakni hanya satu minggu saja, karena banyak mengandalkan komponen plug and play.