Yamaha XSR 155 Mau Pakai Ban Dual Purpose? Berikut Pilihannya

Yamaha XSR 155 Mau Pakai Ban Dual Purpose? Berikut Pilihannya

Yamaha XSR 155 merupakan motor bergaya retro dengan sejumlah teknologi modern yang meluncur akhir 2019 lalu. Berbicara modifikasi motor ini tentunya tidak jauh dari pemilihan ban yang lebih besar. Namun pada jenis modifikasi tertentu, membutuhkan jenis ban yang juga berbeda.

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage mengatakan terdapat beberapa modifikasi yang banyak diminati pengguna Yamaha XSR 155. Terutama dari gaya Scrambler dan Tracker tentunya sangat cocok diterapkan pada motor ini. Pada modifikasi tersebut, terdapat beberapa pilihan ban dual purpose yang dapat digunakan.

"Kalau ban yang ukurannya cocok itu bisa pakai Shinko E705, itu bentuknya dual purpose. Kalau mau yang lebih beda lagi Shinko E805, dia lebih besar belakang 150 dan depan 130," ujar Atenx ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Istimewa

Harga ban Shnko ini pun dibanderol cukup tinggi di pasar Indonesia. berdasarkan pantauan di sejumlah platform e-commerce, Shinko E705 dijual dengan harga Rp 1,6 juta hingga Rp 2 jutaan. Sementara untuk Shinko E805 dipasarkan dengan harga Rp 2 jutaan untuk masing-masing ban.

Selain Shinko, terdapat beberapa pilihan ban yang lebih ekonomis seperti Corsa Cross S. Namun ukuran dari ban ini tidak terlalu besar seperti Shinko. Berdasarkan pengalaman Atenx, ukuran ban lokal ini tidak jauh berbeda dengan ban standar milik Yamaha XSR 155.

"Kalau yang dual purpose ban lokal, bisa pakai Corsa Cross S. Harganya Rp 800 ribuan itu sudah sepasang, depan ukurannya 120/80, belakang 140/80. Jadi dia yang belakang sama seperti standarnya cuma lebih tinggi dan besar," jelas Atenx.