Honda CB1000R Dibuat Makin Kencang Pakai Komponen Supercharge!

Honda CB1000R Dibuat Makin Kencang Pakai Komponen Supercharge!

TTS Performance tampaknya kerap memodifikasi motor-motor kencang, dibuat lebih kencang lagi. Setelah dikenal dengan Suzuki Hayabusa Supercharge dan Triumph Rocket 3 modifikasinya, kini tuner tersebut membuat monster lainnya. Kali ini adalah Honda CB1000R yang dipasangkan supercharge pada mesinnya.

Dilansir dari RideApart, Honda CB1000R memiliki desain yang cukup retro dengan pemasangan lampu bulat. Namun alih-alih dibuat semakin retro, motor ini justru dibuat semakin kencang. Lantas apa saja komponen tambahan supercharge yang dapat meningkatkan tenaganya?

Foto: Youtube TTS Performance

Honda CB1000R ini mendapatkan kit supercharger TTS Performance. Komponen ini di antaranya terdapat beberapa bagian seperti supercharge, intercooler, oil cooler, reservoir oli, dan lainnya. Untuk memasang komponen tersebut terdapat beberapa penyesuaian, seperti memotong boks filter, menghapus katup PAIR, membuka tutup injektor, dan memindahkan klakson.

Menariknya, pemasangan kit supercharger dari TTS Performance tidak memakan waktu lebih dari 24 jam. Hasilnya pun sangat signifikan, hasil dyno Honda CB1000R dalam keadaan standar menyentuh angka 116 tk dan torsi 93,1 Nm. Sesudah dipasangkan supercharge, tenaganya menjadi 224 tk dan torsi 158,55 Nm.

Foto: Youtube TTS Performance

Angka tersebut tentunya cukup mengesankan melihat dari peningkatannya. Di sisi lain, Honda CB1000R itu juga harus melakukan beberapa penyetelan pada ECU. Penyetelan pada ECU diklaim dilakukan hanya sesuai kebutuhan pada mesinnya saja.

Sayangnya tidak dapat diketahui berapa total biaya untuk modifikasi ini. Yang jelas butuh dana yang cukup besar untuk dapat melakukan ubahan fantastis ini.