Memorabilia Motor Presiden Joko Widodo Mejeng di Booth Katros Garage IIMS 2023

Memorabilia Motor Presiden Joko Widodo Mejeng di Booth Katros Garage IIMS 2023

Seperti banyak diketahui Presiden Republik Indonesia yakni Joko Widodo memiliki kegemaran akan motor kustom. Salah satu motor kustom yang dimilikinya adalah Kawasaki W175 yang dikerjakan oleh Katros Garage. Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, motor itu dipajang sebagai memorabilia oleh sang builder.

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage menyebutkan memorabilia ini dihadirkan sebagai informasi mengenai modifikasi Kawasaki W175 Pak Jokowi. Menurutnya tidak banyak yang tahu kalau orang nomor satu di Indonesia itu hanya menggunakan satu motor saja. Yang terlihat Presiden Republik Indonesia itu menggunakan motor yang berbeda-beda selama kunjungan kerja.

Foto: Brian

"Jadi motor ini kan sering digunakan kunjungan kerja ke daerah-daerah dengan bentuk yang berbeda. Nah banyak yang enggak tahu kalau sebenarnya itu satu motor yang sudah dimodifikasi berkali-kali oleh Katros Garage. Basisnya sendiri adalah Kawasaki W175 dan sudah mendapatkan 4 kali modifikasi," ujar Atenx saat ditemui OtoMods di IIMS 2023.

Modifikasi pertama disebutkan oleh Atenx dilakukan pada tahun 2018 dengan waktu pengerjaan yang cukup singkat. "Kalau modifikasi pertama itu gaya Bobber, jadi karena waktu pengerjaan yang cukup cepat maka masih banyak komponen standarnya," jelasnya.

Foto: Brian

"Modifikasi kedua itu waktu kunjungan kerja ke Kalimantan, itu setelah modifikasi pertama selesai dipakai langsung masuk bengkel. Nah dimodifikasi kedua ini ubahan yang paling banyak karena rangkanya diganti pakai rigid. Terus gayanya jadi benar-benar motor chopper," papar Atenx.

Selanjutnya modifikasi ketiga dilakukan ketika peresmian Sirkuit Mandalika di tahun 2021 lalu. Dalam modifikasi ini bagian bodi diubah menjadi seperti motor balap, sehingga dinamakan chopper racer. Sementara modifikasi terakhir merupakan peresmian Jalan Bypass Lombok Mandalika pada tahun 2022 silam.