Modifikasi Honda Supra GTR 150 Jadi RC213V, Pakai Mono Arm dan Upside Down

Modifikasi Honda Supra GTR 150 Jadi RC213V, Pakai Mono Arm dan Upside Down

Motor Honda RC213V merupakan motor balap dengan tenaga 240 kuda, yang dikendarai Marc Marquez di MotoGP. Namun kali ini terdapat motor bebek untuk jalan raya yang tampil layaknya sebuah motor MotoGP. Motor bebek tersebut diambil dari Honda Supra GTR150 atau RS150R yang merupakan kendaraan jalan raya.

Honda Supra GTR150 modifikasi MotoGP ini merupakan garapan Geng Tayang Besar (GTB) Malaysia. Modifikasi kustom ini memiliki kecenderungan mengubah underbone menjadi motor balap. Menurut GTB, antara RC213V dan Supra GTR150 memiliki kemiripan yang layak di paddock.

Foto: Paultan

Dilansir dari Paultan, Honda Supra GTR150 berpenampilan RC213V itu tidak hanya menempelkan stiker Repsol Honda saja. Rudy Norman dari GTB menyebutkan pengerjaan motor tersebut tidaklah mudah. Terutama untuk menyesuaikan ban dan roda berukuran superbike dengan lengan ayun satu sisi alias mono arm dari Honda VFR800.

"Ini tidak mudah, kami menjaga rangka tidak tersentuh untuk menghindari masalah dengan pihak berwenang. Tetapi hampir semua hal lain dimodifikasi, diganti, dan dibuat khusus agar sesuai dengan sepeda GTB," ujar Rudy.

Foto: Paultan

Beberapa hal unik dari Honda Supra GTR 150 RCV ini adalah hadirnya lengan ayun mono arm. Kemudian di bagian depan pun diberikan suspensi upside down dengan pengereman dual cakram layaknya motor besar. Bagian spatbor belakang pun dilepas agar tampilannya semakin aerodinamis dan kental aura balap.

Perihal mesin, masih menggunakan dapur pacu standar 150 cc, 1-silinder bawaan standar pabrik. Rudy menyebutkan untuk membuat motor ini menghabiskan dana sesuai keinginan konsumen. Menurutnya bisa menghabiskan RM 10.000 atau setara Rp 34 jutaan bahkan bisa RM 50.000 atau setara Rp 173 juta.