Motor Kustom BMW R18 Iron Annie Terinspirasi dari Pesawat!

Motor Kustom BMW R18 Iron Annie Terinspirasi dari Pesawat!

Dalam keadaan standar saja, BMW R18 sudah memiliki aura berbeda dibandingkan motor pada umumnya. Namun di tangan beberapa orang, motor ini dapat dimodifikasi untuk mencapai potensi tertingginya. Seperti BMW Motorrad yang bekerjasama dengan VTR Motorrad & Customs mengubah R18 First Edition menjadi sebuah motor dengan ciri khas tersendiri.

Dilansir dari Motor1, motor tersebut diberi nama BMW R18 Iron Annie. Disebutkan desain motor ini terinspirasi dari pesawat Jerman Junkers Ju 52 yang diaplikasikan pada bodywork motor. Hal yang diterapkan dari pesawat tersebut adalah penggabungan kulit logam duralumin yang kokoh ke BMW R18 Iron Annie.

Foto: Motor1

Hingga ke detil bodywork BMW R18 Iron Annie ini pun telah dilengkapi ciri-ciri dari pesawat. Di antaranya adalah menampilkan paku keling retro di sekujur bodi motor. Bagian ekor BMW R18 ini juga menjadi unik karena meminjam bahan dari bodi khas Ju 52.

Beralih ke mesin, meskipun tidak mendapatkan modifikasi secara performa, namun tampilannya turut diubah. Mesin BMW R18 ini dihilangkan aksen krom-nya dan diganti dengan cat hitam. Sementara bagian knalpot juga diubah dan dibuat lebih pendek daripada versi standar.

Foto: Motor1

Bagian kaki-kaki dari BMW R18 Iron Annie ini pun turut diubah agar menyesuaikan tampilannya. Mulai dari penerapan pelek jari-jari paralel berkelir hitam berdiameter 18 dan 21 inci. Kemudian suspensi depan dibuat lebih pendek 7 cm dengan peredam kejut dari WIlbers yang dapat diatur ketinggiannya.

Sementara itu, bagian master rem diganti menggunakan Magura HC3 dengan model lebih sporty. Bagian sadel juga diganti menjadi single seater berwarna coklat yang menyelimuti hingga ke bagian tangkinya. Ubahan terakhir terdapat pada speedometer yang diupgrade khusus buatan Zeitzone Zurich.