Motor Listrik Konversi Basis Kawasaki KLX 150 BF Bikinan PLN

Motor Listrik Konversi Basis Kawasaki KLX 150 BF Bikinan PLN

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, PLN menghadirkan konversi motor listrik. Selain Yamaha Scorpio Chopper listrik, PLN juga menghadirkan model lain yakni Kawasaki KLX 150 BF. Seperti yang sudah pernah kami bahas, konversi ini juga dibuat oleh PLN Pushralis Bandung.

Anjar selaku Staff PLN di IIMS 2023 menyebutkan, meskipun Yamaha Scorpio Chopper dan Kawasaki KLX 150 BF sama-sama dibuat di Bandung, namun terdapat perbedaan. Di antaranya adalah di penggerak mesinnya yang hanya menggunakan BLDCC berkekuatan 3 kW saja. Penggeraknya juga berbeda karena berada di tengah motor, alias mid-drive.

Foto: Brian

"Kalau yang KLX ini spesifikasinya sedikit berbeda. Terutama di mesin penggeraknyayang menggunakan model mid-drive, berbeda dari yang chopper. Jadi kami memang menghadirkan model yang berbeda sebagai referensi kalau ada yang ingin konversi," ujar Anjar saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Anjar juga menyebutkan, jika spesifikasi baterai juga memiliki perbedaan pada Kawasaki KLX 150 BF konversi listrik ini. Jika pada model chopper menggunakan dua baterai, motor trail ini justru hanya menggunakan satu baterai dari Gesits saja. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 72 V 40 Ah yang mampu melaju sejauh 50 kilometer.

Foto: Brian

"Baterainya sama karena pakai komponen dari Gesits. Bedanya dia cuma pakai satu saja, jadi jarak tempuhnya lebih pendek cuma 50 kilometer. Jarak ini menyesuaikan dengan gaya berkendara dan kondisi jalan. Jika terus-terusan menggunakan kecepatan tertinggi, jalan yang tidak rata, banyak melewati tanjakan. Bisa saja jarak tempuhnya berkurang," papar Anjar.

Anjar menyebutkan, motor ini dibuat oleh PLN tidak untuk dijual ke publik. Melainkan dibuat untuk menunjukkan motor listrik berbasis dari motor konvensional dapat dilakukan.