PLN Pamerkan Lima Motor Konversi Listrik di IIMS 2023

PLN Pamerkan Lima Motor Konversi Listrik di IIMS 2023

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Perusahaan BUMN yang satu ini turut menghadirkan lima motor listrik konversi di Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta. Apa saja motor listrik konversi yang dipamerkan oleh PLN?

Anjar selaku Staff PLN yang bertugas di IIMS 2023 menyebutkan motor listrik konversi itu dibuat sendiri oleh perusahaan BUMN tersebut. Terdapat lima motor listrik yang dipamerkan, setidaknya terdapat dua yang dikerjakan oleh PLN Pusharlis Bandung. Berdasarkan penuturan Anjar, motor-motor tersebut merupakan prototipe untuk mengedukasi masyarakat.

Foto: Brian

"Semua yang dipajang ini konversi, penggerak listriknya dari Cina pakai model BLDC rata-rata. Ini adalah prototipe, karena ingin menunjukkan bahwa motor biasa yang konvensional tuh bisa kok dijadikan motor listrik," ujar Anjar saat ditemui OtoMods di IIMS 2023, Jum'at (17/2).

Kelima motor listrik konversi yang dipajang PLN di antaranya adalah dua unit Vespa P150S, 1 unit Yamaha Scorpio kustom, 1 unit Kawasaki KLX150BF, dan motor kustom. Berdasarkan pantauan OtoMods dilokasi, Vespa PS150S konversi listrik merupakan garapan Elders Garage. Sementara Kawasaki KLX150BF dan Yamaha Scorpio kustom merupakan garapan PLN Puhsralis.

Foto: Brian

Berdasarkan penuturan Anjar motor listrik konversi yang dibuat PLN Pushralis menggunakan penggerak BLDC berkekuatan 3,5 kW. Sementara baterainya mengandalkan komponen dari GESITS. Baterai tersebut memiliki kapasitas 72 V 20 Ah yang mampu menempuh jarak 50 km dengan kecepatan tertinggi 80 km/jam.

Anjar menyebutkan, motor-motor tersebut hanya dipajang saja di booth PLN IIMS 2023. Sehingga motor yang ditampilan tidak untuk dijual ke konsumen.