Ternyata Kulit Jok Jangan Sampai Terkena Semir, Bisa Rusak!

Ternyata Kulit Jok Jangan Sampai Terkena Semir, Bisa Rusak!

Jok pada sepeda motor merupakan perangkat yang menambah kenyamanan pengendaranya. Sebagai perangkat yang memberikan kenyamanan, tentunya tidak luput dari yang namanya perawatan. Namun perawatan jok juga harus berhati-hati, karena jika dirawat tanpa pengetahuan bisa-bisa malah merusak jok itu sendiri.

Suhendi dari bengkel Dinda Jok Sport mengatakan kulit jok motor masih tahan dan tidak akan rusak karena sabun cuci motor. Namun terdapat cairan lain yang dapat merusak kulit jok saat proses mencuci. Cairan yang dapat merusak itu adalah semir, terutama semir ban.

Foto: Brian

"Kalau jenis jok biasa maupun MBtech aman-aman saja, engga ngaruh kalau kena sabun cuci. Kecuali di semir, yang dipake sama seperti semir ban. Kalau sering disemir jadi kaku, kalau udah kaku jadinya cepat pecah dan cepat sobek," ujar Hendi sapaan akrabnya ketika ditemui beberapa waktu lalu di Tangerang.

Menurutnya untuk menjaga kulit jok, pemiliknya jangan menggunakan semir sama sekali. Menurutnya untuk membersihkannya cukup pakai sabun cuci biasa saja kemudian di lap. Perawatan itu cukup untuk membuat jok menjadi bersih dan umurnya lebih tahan lama.

Foto: Brian

"Kalau rusak dan ganti kulit pakai MBtech polos standaran itu harganya Rp 170-200 ribu tergantung bahan. Kalau MBtech Carrera ya paling Rp 250 ribuan. Sementara kalau yang bahan biasa itu beragam ada yang Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribuan," lanjut Hendi.

Kulit jok bawaan standar pabrik memang terbilang sudah cukup bagus untuk melapisi sadel tempat duduk. Namun beberapa pecinta modifikasi kerap melakukan ubahan dibagian ini untuk menyesuaikan gaya. Beberapa lainnya melakukan modifikasi di bagian ini untuk menambah kenyamanan berkendara.