Alasan Daihatsu Xenia Dipasangkan Mesin V8 1UZ-FE dari Lexus?

Alasan Daihatsu Xenia Dipasangkan Mesin V8 1UZ-FE dari Lexus?

Daihatsu Xenia V8 milik Om Mobi tentunya banyak dikenal oleh para pecinta otomotif di Tanah Air. Bagaimana tidak? Mobil yang satu ini telah mendapatkan dapur pacu yang sangat jauh berbeda dari versi standaranya. Lantas kira-kira apa alasan Om Mobi menyematkan mesin V8 1UZ-FE dari Lexus ke Daihatsu Xenia miliknya?

Jika dilihat, biasanya mobil keluaran Jepang memilih untuk engine swap ke arah mesin-mesin yang legendaris. Di antaranya seperti 1JZ, 2JZ, 4AGE, atau K20, namun Om Mobi justru memilih mesin V8. Om Mobi menyebutkan, alasannya sendiri modifikasi ini dibikin olehnya untuk menunjukkan sebenarnya mobil Low MPV seperti Daihatsu Xenia bisa dibuat lebih kencang. 

Foto: Brian

"Kalau pakai 2JZ itu terlalu besar karena dia in-line 6 silinder, jadi engine bay ini tidak akan muat. Ini saja pakai V8 sudah harus menyesuaikan, seperti firewall ini akhirnya kita rombak," ujar Om Mobi ketika ditemui OtoMods di Jakarta beberapa waktu lalu.

Om Mobi menyebutkan alasannya mengapa menggunakan mesin V8 1UZ-FE pada Daihatsu Xenia miliknya. Menurutnya mesin tersebut digunakan oleh mobil-mobil Lexus yang terkenal dengan kenyamanannya. Sehingga jika dipasang pada Xenia, akan meningkatkan tenaganya secara drastis, namun mobil masih tetap nyaman untuk digunakan.

Foto: Brian

"Kalau ditanya kenapa alasannya? Kenapa enggak? Nyatanya bisa kok, dan mesin 1UZ-FE ini ada pada mobil Lexus yang dikenal nyaman. Jadi Daihatsu Xenia V8 ini nyaman sekali," lanjutnya.

Sebagai tambahan informasi, Om Mobi memodifikasi mobil Daihatsu Xenia V8 ini dengan merogoh kocek hampir sama seperti membeli mobil tersebut dalam keadaan baru. Pengerjaannya sendiri disebutkan cukup singkat, yakni hanya memakan waktu satu bulan saja. Sementara untuk raihan tenaga yang dihasilkan mencapai hampir 200 dk di atas mesin dyno.