Aksi Nyata Komunitas Pengendara Royal Enfields Indonesia Untuk Lingkungan

Aksi Nyata Komunitas Pengendara Royal Enfields Indonesia Untuk Lingkungan

Berbagai macam cara dilakukan oleh para komunitas motor untuk melakukan acara tertentu seperti baksos atau acara lainnya. Tentu saja semua acara itu umumnya bertujuan untuk berbuat baik bagi lingkungan sekitar.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas yang satu ini. Dengan nama One Ride yang menjadi momen dimana semua pengendara Royal Enfield di dunia, berkendara di waktu yang sama dengan misi dan tema tertentu. One Ride dilaksanakan pada 18 September 2022, serentak di 35 negara, termasuk Indonesia dengan tema "Leave Every Place Better".

Foto: RoRI

Di Indonesia, Royal Riders Indonesia (RoRI) sebagai komunitas Royal Enfield terbesar di Indonesia juga menggelar One Ride 2022 di beberapa area. Di antaranya berlangsung di Medan, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Acara ini pun diiikuti oleh oleh hampir 700 riders, dimana terbesar adalah di Jabodetabek sebanyak 268 riders.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh Royal Riders Indonesia, sehingga memberikan added value untuk lingkungan sekitar. “RORI harus selalu memberikan dampak positif terhadap lingkungan, ada social impact yang ada di setiap kegiatan riding. Event One Ride salah satunya, dimana kita aware terhadap issue-issue lingkungan, seperti pengelolaan sampah plastik, penanaman pohon, dll," ujar Presiden Royal Riders Indonesia, Adnan Maddanatja.

Foto: RoRI

Kegiatan yang dilakukan di Jabodetabek secara simbolis, dipimpin oleh Presiden Adnan dengan melakukan penanaman pohon di wilayah Sentul, Bogor. Berbeda hal-nya dengan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Mertasari Sanur, oleh RoRI Chapter Bali, yang menggandeng LSM “Trash Hero”.

Vice Presiden RORI, Mugi Sembada menyatakan bahwa Bali mempunyai misi khusus, selain aksi peduli lingkungan tersebut, yaitu semangat “Bali Bangkit”, sebuah usaha untuk menciptakan daya tarik wisata untuk pemulihan Bali pasca pandemi 2 tahun.

Foto: RoRI

One Ride 2022 ini juga menjadi spesial karena Presiden Adnan secara resmi membacakan surat keputusan penunjukan kepada kabinet periode masa bakti 2022-2024. Kembali pada saat ini diingatkan visi ke depan RORI untuk lebih besar dan selalu memberikan manfaat nyata untuk masyarakat.