Cerita Pembalap Perempuan 14 Tahun di Yamaha R15 Idemitsu Junior Pro

Cerita Pembalap Perempuan 14 Tahun di Yamaha R15 Idemitsu Junior Pro

Ajang balap Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race Seri 1 secara resmi digelar di Sentul International Circuit. Dalam ajang ini, terdapat banyak hal-hal yang menarik baik dalam hal modifikasi motor hingga para pembalapnya. Seperti Kayla Natania Ramadhani yang merupakan pembalap perempuan berusia 14 tahun yang mengikuti kelas R15 Idemitsu Junior Pro.

Kayla sapaan akrabnya mengaku memiliki hobi balap motor sejak berada di Sekolah Dasar. Baginya balapan motor memiliki adrenalin yang tinggi sehingga merasa tertantang dan menyukai bidang olahraga tersebut. Meski menyukai balapan motor, namun untuk mewujudkannya banyak menemui tantangan.

Foto: Brian

"Orang tua sebelumnya itu mamah enggak ngebolehin balap, karena cewek kan, jadi enggak boleh. Terus papah itu ngebolehin, cuma ngebantuin aku buat boleh balap gitu loh ke mamah. Jadi akhirnya boleh," ujar Kayla ketika ditemui OtoMods di Sentul, Jawa Barat, Minggu (19/6).

Kayla menyebutkan telah menjalani balap motor sejak usia 12 tahun dengan menggunakan motor matic. Setelah lancar selama beberapa bulan, Kayla mendapatkan peningkatan menggunakan motor bebek. Hingga akhirnya di umur 14 tahun ini, Kayla memulai belajar di sekolah balap.

Foto: Brian

"Mulai balap itu dari usia 12 tahun, ikut di The Stroke 55 di Solo. Kalau latihan biasanya di Sirkuit Mijen sama Sirkuit Boyolali. Sebelumnya pakai motor matic, terus etelah 3 bulan 4 bulanan langsung pindah bebek. Terus akhirnya sekolah balap di Sentul dan di Tasik," papar Kayla.

Kayla sendiri di ajang Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race Seri 1 kelas Junior Pro mengaku harus berani. Terutama melawan pembalap-pembalap pria di kelas yang sama. Dengan segenap kemampuannya, Kayla pun mampu mencatat waktu tercepat 2 menit 9 detik pada sesi pemanasan.

Foto: Brian

Mengenai motor yang digunakan oleh Kayla merupakan generasi terbaru Yamaha R15. Motor tersebut pun sudah mendapatkan modifikasi yang cukup banyak namun tetap sesuai dengan regulasi balap. Modifikasi Yamaha R15 ini meliputi blind fairing, steering damper dari JDS, selang rem RCB, footstep underbone dari RCB, Suspensi upside down dengan setelan, hingga ke knalpot Sakura.

Ayah Kayla sendiri mengaku mengizinkan anaknya untuk balapan motor karena rasa kasihan. Menurut pengakuannya, Kayla sudah beberapa kali meminta izin untuk dibolehkan balapan motor. "Karena dari pertama sampai tiga kali minta izin itu memohonnya sampai nangis-nangis, makanya akhirnya saya kasih izin," ujar Teguh selaku Ayah Kayla.