Vespa LX dan S Bisa Jadi 150 cc Pakai Komponen Original?

Vespa LX dan S Bisa Jadi 150 cc Pakai Komponen Original?

Vespa LX dan S saat ini hadir dalam kubikasi yang lebih kecil yakni 125 cc. Padahal sebelumnya kedua model ini hadir dalam mesin yang lebih besar yakni 150 cc. Lantas jika membeli yang 125 cc, bisakah menjadi 150 cc menggunakan komponen original dari kakaknya yakni Primavera dan Sprint?

Denil Sagita selaku pemilik Scooter VIP mengatakan untuk Vespa dengan teknologi i-get sudah bisa dilakukan. Menurutnya asalkan LX dan S i-get ingin menjadi 150 cc, bisa menggunakan blok dari Primavera atau Sprint i-get. Dengan demikian kubikasinya meningkat 25 cc menjadi 150 cc.

Foto: Brian

"Kalau Sprint-nya yang i-get, dia bisa pakai. Karena bedanya itu cuman di piston doang. Secara sistem kelistrikan dan blok kan sama sebenarnya. Misalnya LX 125 i-get terus mau pakai blok originalnya Sprint i-get pun bisa langsung plug and play," ujar Denil ketika ditemui OtoMods, Rabu (15/6) di Bekasi.

Menurut Denil perbedaan antara Vespa 125 dan 150 hanya di bore dan piston yang lebih besar saja. Sisanya sama, sehingga LX dan S i-get pun bisa menjadi 150 cc menggunakan komponen bawaan original. Bahkan Denil mengatakan jika ingin lebih besar pakai blok mesin dari Polini dan Malossi pun masih plug and play.

Foto: Brian

"Kan bedanya cuma di lubang bore nya itu sama pistonnya. Secara sistem semuanya sama dan kalau pakai itu langsung jadi 150 cc. Kalau mau pakai blok Polini dan Malossi yang 183 cc juga bisa langsung pasang di 125 i-get," pungkasnya.

Hanya saja berdasarkan penjelasan Denil terdapat beberapa perbedaan dan penyesuaian. Seperti di bagian CVT dari Vespa 125 i-get memiliki komponen yang lebih kecil dan pendek. Sementara jika upgrade ke 150 cc, membutuhkan tambahan piggyback untuk menyesuaikan suplai bahan bakar ke mesin.