KIA Sportage Berpotensi Jadi Mobil Rally Dengan Tampilan Garang

KIA Sportage Berpotensi Jadi Mobil Rally Dengan Tampilan Garang

KIA Sportage memang baru diluncurkan pada gelaran GIIAS 2022 sebagai Medium SUV yang meramaikan pasar Indonesia. Mobil yang satu ini memang punya sejarah yang cukup dikenal, bahkan di kancah mobil balap. Seperti yang satu ini KIA Sportage X-Pro kreasi LGS-CTS motorsport yang dipersiapkan sebagai mobil balap rally.

Dilansir dari Carscoops, KIA Sportage ini dibuat untuk mengikuti kompetisi Rebelle Rally 2022 di Amerika Serikat. Mobil tersebut dikendarai oleh pembalap wanita yaitu Verena Mei dan navigatornya Tana White. Ajang tersebut akan membuat mereka menempuh jarak 2.414 km di kelas X-Cross.

Foto: Carscoops

Mengenai modifikasi KIA Sportage X-Pro ini dimulai dari mengganti komposisi kaki-kakinya. Dimulai dengan lift kit 3 inci agar membuat ground clearance lebih tinggi sekaligus upgrade suspensinya. Kemudian suspensi tersebut dipadukan dengan pelek Rhino berwarna hitam berukuran 17 inci yang dibalut BF Goodrich A/T KO2.

Berlanjut ke bagian bodi, KIA Sportage X-Pro ini mendapatkan skid plate berbahan baja forged di berbagai sisi sebagia sebuah proteksi. Skid plate ini terpasang di depan, kolong, belakang, hingga transfer case, dan tangki bensin. Sementara di bagian atap terdapat roof rack besar yang dapat membawa kebutuhan pendukung balapan selama kompetisi berlangsung.

Foto: Carscoops

Di bagian depan dan belakang dari KIA Sportage X-Pro ini juga terdapat pipa sebagai pelindung tambahan. Pada pipa tersebut terdapat tow hitch sebagai perangkat bantuan jika mobil terjebak dalam kondisi sulit. Sisanya modifikasi mobil ini hanya pada desain body dengan striping abu-abu lengkap dengan grafis KIA di pintu belakang.

KIA Sportage X-Pro ini menggendong mesin yang cukup kencang untuk sebuah medium SUV. Mesinnya dibekali kapasitas 2.500 cc berkonfigurasi 4-silinder berteknologi smartstream GDI. Hasilnya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 187 dk dan torsi 265 Nm.