Mengenal Merek Audio Mobil, Tiap Merek Ada Spesialisasinya?

Mengenal Merek Audio Mobil, Tiap Merek Ada Spesialisasinya?

Audio pada sebuah mobil menjadi hal yang cukup sering dimodifikasi bagi pecinta suara. Untuk melakukan modifikasi ini tentunya tidak dapat sembarangan, mengingat harga jualnya yang mahal. Sehingga harus mengetahui beberapa merek audio untuk mobil dan komponen yang tepat untuk digunakan.

Utanto Wibowo selaku pemilik bengkel audio mobil Elixic Car Stereo mengatakan terdapat beberapa merek yang diandalkan olehnya. Namun setiap merek tersebut, tidak digunakan di semua komponen. Menurutnya setiap merek memiliki spesialisasinya di beberapa komponen.

Foto: Istimewa

"Seperti Morel saya pakai khusus untuk driver speaker, sementara Rockford khusus untuk power. Sebenarnya Rockford juga ada untuk subwoofer, tapi saya enggak mau pakai, Karena harus cari value dan performancenya, yang dicari itu," ujar pria yang akrab disapa sebagai Yung Yung di Jakarta beberapa waktu lalu.

Beberapa merek lain juga dipakai oleh Yung Yung, satu di antaranya adalah Helix. Namun Helix digunakannya hanya untuk Digital Sound Processor (DSP) saja. Meskipun Helix memiliki beberapa produk lain di dunia audio mobil.

Foto: Istimewa

"Kalau Helix ya hanya DSP yang dibayar, mereka ada speaker, ada subwoofer, tapi saya enggak mau pakai. Karena kalu bicara speaker yang mending pakai Morel. Nah di Morel juga ada ampli, tapi saya enggak mau pakai karena mending punya Rockford. Jadi setiap merek itu sudah ada spesialisasinya sendiri," papar Yung Yung.

Bengkel audio mobil Elixir Car Stereo milik Yung Yung sendiri berlokasi di Jalan kembang Kerep No 75B, Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Sementara untuk sosial media dapat ditemukan di akun Instagram @elixir_jakarta.