Mau Modifikasi Audio Mobil, Jangan Terburu-Buru Ganti Speaker!

Mau Modifikasi Audio Mobil, Jangan Terburu-Buru Ganti Speaker!

Modifikasi audio mobil juga menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan para pecinta roda empat. Audio mobil sangat berpengaruh dalam hal entertainment di kendaraan. Lantas untuk upgrade audio mobil bagi pemula, apa yang harus diganti terlebih dahulu?

Utanto Wibowo selaku bengkel spesialis adio Elixir Car Stereo mengatakan jangan langsung mengganti speaker bawaan mobil. Berdasarkan pengalamannya, jika mobil sudah menggunakan speaker premium dapat melakukan upgrade dengan menggunakan Digital Signal Processor (DSP). Menurutnya yang lebih penting pertama kali dalam hal audio adalah manajemen sistemnya.

"Dioptimalin dulu pakai DSP, karena speakernya sudah oke buat harian. Jadi tergantung sama DSP, intinya manajemen sistemnya dulu. Jadi tampangnya standar tapi suaranya bagus. Karena mobil-mobil sekarang makin premium," ujar Utanto ketika ditemui OtoMods di Jakarta Barat.

Pixabay

Menurut Utanto, setelah menggunakan DSP dan suara mobil masih kurang jernih konsumen bisa mengganti speaker. Sementara untuk mengganti speaker harus dilihat dari kebutuhan dari audio itu sendiri. Jika kurang jernih mengganti speaker, sementara kalau bass yang terasa kurang maka harus menambah subwoofer.

"Lihat kebutuhannya dulu, kalau kurang jernih ya ganti speakernya. Tapi kalau bass-nya yang kurang, mau enggak mau pakai subwoofer. Kalau sedan kan ada ban cadangan, biasanya saya taruh disitu bikin box," pungkasnya.