Toyota Kijang Kapsul, Gaya South Style Buat Harian!

Toyota Kijang Kapsul, Gaya South Style Buat Harian!

Kecintaan pria yang bernama Jonathan Timothy pada mobil keluarga legendaris ini tak lepas dari keluarganya yang selalu menggunakan mobil Toyota. Tak kurang sudah merawat dua generasi Toyota Kijang Kapsul.  

"Awalnya ayah saya punya Kijang Grand Extra tahun 1994, setelah dijual di tahun 2010 dan diganti dengan Rush 2008 pada saat itu, sempat ada Yaris juga dan di tahun 2013 beli Kijang Diesel LSX tahun 1997 ini," ulasnya panjang lebar.

Foto: bautenam 

Nah, Jo yang ketika itu menggunakan Yaris sebagai mobil hariannya, saat ayahnya akan menjual Kijang kapsul tadi. "Saya langsung bilang Yaris saja yang dijual, karena saya sudah terlanjur suka dengan Kijang itu, hahaha," gelaknya. 

Akhirnya begitu Toyota Kijang Kapsul diserahkan ke Jo, mobil ini menemani segala aktifitasnya yang saat itu masih kuliah sampai saat ini ia sudah bekerja. "Di tahun 2020, saya putuskan untuk merestorasi mobil ini, sebagai reward sudah menemani saya selama itu," ujarnya. 

Foto: bautenam

Seluruh bodi Toyota Kijang Kapsul dicat ulang dengan warna yang sama, yakni hijau metalik. Kemudian karet-karet diganti baru orisinal berikut beberapa bagian lainnya. Tak lupa mesin diesel 2.4L dibuat segar lagi agar makin mumpuni untuk dipakai harian. 

Interior Toyota Kijang Kapsul juga sudah diretrim dengan bahan MBTech kombinasi abu-abu 2 warna oleh ayahnya dulu. "Saya cuma ganti headunitnya pakai single din Pioneer dan speedometer OEM baru!" serunya. 

Foto: bautenam

Beres restorasi Toyota Kijang Kapsul, pas banget Jo dapat pelek Lorinser LM1 diameter 18 inci lebar 8+9 inci untuk.  Bersamaan dengan ban Accelera ukuran 225/40R18 depan dan 235/40R18 belakang. "Cocok nih buat gaya modif '90an, gaya anak selatan alias South Style!" pikirnya saat itu. 

Ia pun harus rubah PCD dari 4x114 milik Toyota Kijang Kapsul jadi 5x112 agar pelek Mercy ini bisa terpasang. "Depan pakai adaptor dan belakang bubut di Sarinande," sebut Jo. Yup, langkah ini memang jamak dilakukan sejak tahun '90an dulu oleh para penganut modif '90s South Style'. 

Foto: bautenam

Jo mengaku sempat menceperkan suspensi Toyota Kijang Kapsul. "Cuma karena kemarin ini lagi pengin balik tampil OEM lagi, makanya distandarin, belum sempet di ceperin lagi, hehehe," kekehnya. 

Berkat mobil ini sekarang Toyota Kijang Kapsul Jo ini pun sudah terkenal dikalangan para penyuka modifikasi Kijang. Walaupun modifikasinya simpel, tapi langsung right on point. Keren!