Atta Halilintar Bikin Mobil Listrik Berbasis Toyota Avanza Generasi Pertama

Atta Halilintar Bikin Mobil Listrik Berbasis Toyota Avanza Generasi Pertama

Ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 memang menghadirkan kontes Perang Bintang yang diikuti sejumlah artis ternama di Jakarta. Menariknya dalam kontes ini, terdapat satu modifikasi mobil yang diubah dari mesin bensin ke listrik. Mobil tersebut adalah Toyota Avanza generasi pertama yang diusung oleh Atta Halilintar.

Tomi Gunawan selaku Head Modificator Toyota Avanza Listrik ini menyebutkan pihaknya memang mendapatkan tantangan untuk membuat mobil tersebut menjadi berpenggerak listrik. Dirinya mengaku mendapatkan tantangan dengan tenggat waktu yang cukup singkat yakni hanya 2 bulan. Meski demikian, mobil tersebut dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang cukup mengejutkan.

Foto: Brian

"Sudah selesai membuat Avanza konsep yang mana mobil ini memakai mesin berpenggerak listrik. Jadi Avanza konsep dan berpenggerak listrik. Kita memakai Avanza tahun 2010 yang dimana bentuknya bukan seperti ini. Karena kita mendapat tantangan dari Atta Halilintar dan mendukung rencana Pemerintah untuk percepatan mobil listrik," ujar Tomi ketika ditemui OtoMods, Minggu (2/10).

Menurut Tomi, untuk modifikasi mobil listrik konversi sebenarnya dapat dilakukan dari basis mobil bensin apapun. Namun karena Atta Halilintar melakukan permintaan pada Toyota Avanza generasi pertama, maka dibuat mobil tersebut sesuai dengan konsep yang diinginkan. Karena sudah berpenggerak listrik, tentunya mesin bensin sudah tidak digunakan lagi dan diganti dengan baterai serta dinamo.

Foto: Brian

"Jadi buat teman-teman yang mau konversi dari mobil biasa ke kendaraan listrik itu tuh memungkinkan dari basis mobil apapun. Mesin originalnya sudah dibongkar, diturunkan semua dan dikonversi menggunakan mesin baru yang berpenggerak listri. Mesin listrik ini juga kita modifiaksi supaya sesuai dengan internal yang ada di dalam Toyota Avanza," papar Tomi.

Tomi menjelaskan, meski penggerak listrik namun Toyota Avanza generasi pertama ini masih menggunakan transmisi manual. Kemudian untuk modifikasi di area desainnya memang dibuat sesuai dengan kemauan Atta Halilintar yang ingin tampil futuristis. Sehingga jika dilihat secara keseluruhan, tampilannya memang sudah kehilangan ciri khas sebuah Avanza.