Bedah Modifikasi Dan Restorasi Suzuki Katana, Mesin Seperti Baru Keluar Dari Pabrik

Bedah Modifikasi Dan Restorasi Suzuki Katana, Mesin Seperti Baru Keluar Dari Pabrik

Suzuki Katana adalah salah satu mobil retro legendaris yang diproduksi dari pabrikan Jepang. Popularitas Katana sejak awal beredar di Indonesia sampai saat ini tidak berkurang. Salah satu penggemar Suzuki Katana adalah Defghi Prahsya atau biasa dipanggil dengan Defghi yang sudah memiliki Katana sejak tahun 2020.

“Saya ngambil mobil ini kira kira tengah tahun 2020, mobil waktu itu posisinya ada di Bali, akhirnya saya berangkat kesana buat liat kondisi dan akhirnya cocok karena masih banyak part part originalnya sama body aman semua gak ada keropos sama sekali, cuman mobil settingannya masih dangak keatas,” Ujar Defghi saat ditemui OtoMods Selasa (21/6) kemarin.

Foto: Enzo

Setelah membeli mobil tersebut berbagai modifikasi dan restorasi sudah dilakukan oleh Defghi selama 2 tahun terakhir ini, dengan konsep original. Berdasarkan konsep tersebut tidak sedikit komponen yang direstorasi seperti bagian pelek, setir, speedometer, head unit, dan mesin.

Selain mempertahankan komponen original, Defghi juga melakukan beberapa modifikasi. Di antaranya adalah jok mobil sudah diganti menjadi Recaro LX Monza jaring, stop lamp ditambah Asahi Denso, dan pada bagian ban juga sudah diganti menggunakan Dunlop 195/80 yang dimiliki oleh Jimny versi terbaru.

Foto: Enzo

Bagian mesin mendapatkan peremajaan kembali agar tidak mengalami masalah ketika digunakan. Beberapa di antaranya melakukan servis dengan mengganti platina, kondensor, timing belt, busi, dan engine mounting. Komponen kaki-kaki seperti shockbreaker juga diremajakan kembali.

“Kaki kaki semua peremajaan balik ke original, cat stiker saya pertahanin tetep, terus spare part namanya mobil tua jadi semuanya diremajakanlah kayak kaki, shockbreaker, platina mesin, kondensor, busi, engine mounting itu semua udah peremajaan dan original dari katananya juga," lanjut Defghi.

Enzo