Dimensi Motorhome Lebih Besar Dari Standar, Harus Uji Tipe Lagi?

Dimensi Motorhome Lebih Besar Dari Standar, Harus Uji Tipe Lagi?

Nissan Navara Motorhome dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di booth Karoseri Laksana. Mobil yang satu ini telah mendapatkan modifikasi hingga tampilannya menjadi sebuah hunian yang layak. Lantas jika dimensi sebuah motorhome menjadi lebih besar dari bawaan pabrik, perlukah melakukan uji tipe ulang?

Stefan Arman selaku Direktur Teknik dari Karoseri Laksana menyebutkan mengenai dimensi dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. Menurut Stefan banyak pemesanan motorhome yang tidak digunakan di jalan raya dan hanya pada area terututup saja. Jika dalam penggunaan tersebut, tentunya dimensi mobil yang berubah tidak akan menjadi masalah.

Foto: Brian

"Tergantung permintaan ya, tergantung permintaan. Kendaraan seperti ini kan ada yang digunakan di area perkebunan yang mungkin tidak ada di jalan-jalan biasa. Sehingga ada permintaan yang untuk digunakan di kebun mereka sendiri, jadi itu nanti tergantung permintaan," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di GIIAS 2022.

Stefan menyebutkan jika permintaan konsumen motorhome dapat digunakan di jalan raya, maka tidak menutup kemungkinan Laksana akan membuatkannya. Tentunya pembuatan motorhome yang dapat digunakan di jalan raya harus memenuhi standar aturan lalu lintas. Salah satunya dimensi yang tidak berubah daripada versi standar dari pabrikannya.

Foto: Brian

"Kita juga punya SKRB sendiri, itu adalah rancang bangunnya seperti blueprint lah ya. Kalau memang permintaannya bisa digunakan di jalan raya, kita buatkan dimensinya yang sesuai dengan peraturan. Nanti akan mengacu pada satu dimensi yang sama, kita sudah punya rancang bangunnya," papar Stefan.

Stefan menyebutkan jika konsumen menginginkan membangun sebuah motorhome, bisa dilakukan pemesanan melalui Baze. Stefan memaparkan, pemesanan memang lewat Baze yang mengerjakan bagian interior. Mengingat mobil motorhome banyak membutuhkan ubahan di bagian interior, sementara Laksana hanya memikirkan eksteriornya saja.