Mau Bikin Mobil Balap untuk Rally, Apa Saja yang Harus Dimodif?

Mau Bikin Mobil Balap untuk Rally, Apa Saja yang Harus Dimodif?

Membangun mobil balap tentunya bukan perkara mudah, harus terdapat banyak penyesuaian agar performa mobil lebih optimal. Pembangunan mobil balap pun harus melihat kebutuhannya, apakah balapan untuk rally, drift, atau lainnya. Lantas jika ingin membangun mobil balap untuk rally, apa saja yang harus dimodifikasi?

Emmanuelle Amandio selaku pembalap mobil drift memberikan beberapa tips yang bisa dimanfaatkan. Amandio sendiri sebelum terjun ke dunia drifting, pernah mengadu ketangkasan di ajang rally. Kala itu, Amandio mengandalkan mobil Mitsubishi Lancer GTI tahun 1996.

Foto: Brian

"Yang paling signifikan itu pertama adalah suspensi, itu sudah pasti ganti. Kemudian pakai rollbar juga sudah pasti, sama reinforce sasis lagi sih. Mesin tidak perlu banyak main. Paling seperti porting polish, balance lagi. Terus LSD juga penting untuk digunakan," ujar Amandio ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Amandio menyebutkan kebutuhan mobil rally bukan hanya sekedar kencang saja. Kekuatan suspensi, rangka, dan perangkat lainnya juga perlu dipikirkan ketika membangun mobil balap rally. Sehingga secara keseluruhan, pembangunan mobilnya lebih berfokus kepada durabilitas terlebih dahulu.

Foto: Brian

"Paling sisanya seperti perangkat-perangkat untuk penguat lagi saja sih. Tangki juga masih standar belum ada ubahan, jadi memang maksimalin mobil yang sudah ada saja sebenarnya. Sama yang penting kalau untuk rally itu lebih ke durabilitasnya," lanjut Amandio.

Amandio sendiri mengaku Mitsubishi Lancer GTI miliknya masih dalam kondisi yang terbilang standar. Namun beberapa perangkat diperkuat kembali agar dapat bertahan dalam suatu balapan. Sementara di bagian mesin juga masih banyak mengandalkan komponen 4G93, termasuk masih menggunakan karburator.