Modifikasi Mobil Balap Fitra Eri Honda City Hatchback, Berapa Tenaganya?

Modifikasi Mobil Balap Fitra Eri Honda City Hatchback, Berapa Tenaganya?

Honda City Hatchback diandalkan oleh Fitra Eri untuk balapan di Honda One Make Race Indonesia touring Car Race 1500. Mobil yang menggantikan Jazz itu pun mendapatkan sejumlah modifikasi agar dapat mendongkrak performanya. Lantas ubahan apa saja yang dilakukan pada mobil baru tersebut?

Taqwa Suryo Swasono dari Garden Speed sebagai tuner yang dipercaya oleh Fitra Eri pun melakukan beragam modifikasi. Terutama di sektor mesin, demi menunjang performa Honda City Hatchback. namun Taqwa mengaku modifikasi yang dilakukan di mesin harus mengikuti regulasi balap Honda One Make Race.

"Jadi kelas yang kita ikuti di Honda One Make Race, regulasinya itu sangat ketat dalam arti di bagian mesin saja tidak boleh ada penambahan atau penggantian racing parts. Jadi hanya boleh di balance yang jelas tidak boleh ada penggantian racing parts," ujar Taqwa ketika ditemui OtoMods di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Bahkan Taqwa mengaku Honda City Hatchback yang digunakan Fitra Eri dalam balapan pun tidak melakukan peningkatan kompresi. Dalam regulasi balap, suspensi pun tidak boleh diubah secara ekstrim. Taqwa menyebutkan balapan Honda One Make Race seperti mobil pada umumnya, hanya saja kemampuan dimaksimalkan.

"Kalau untuk mesin, kita ubah flywheel kita sesuaikan lagi beratnya, diringankan sudah pasti. Kemudian hal lainnya seperti balancing di piston, setang piston, crankshaft. Tapi tetap menggunakan komponen yang standarnya dia," paparnya.

Foto: Brian

Sisanya Taqwa hanya melepas filter udara, mengganti knalpot, dan remap ECU standarnya. Dengan ubahan tersebut, kenaikan dari tenaga yang dihasilkan pun cukup besar. Taqwa sendiri mengaku peningkatan tenaga terjadi hingga 20% dibandingkan versi standarnya.

"Selebihnya di pelek kami pakai SSR Type F ring 16 lebar 7 inci. Suspensi memang lebih pendek, karena masih boleh diganti asal sistemnya tidak berubah. Kemudian sisanya rollbar, seat pakai OMP, dan setir pakai Sparco," pungkas Taqwa.