Alasannya Tingkatkan Performa Dapat Berpengaruh ke Umur Mesin

Alasannya Tingkatkan Performa Dapat Berpengaruh ke Umur Mesin

Salah satu modifikasi pada motor yang kerap dilakukan adalah meningkatkan performanya. Dengan meningkatkan performa, membuat laju motor semakin kencang di jalan. Biasanya terdapat ubahan pada komponen mesin agar tenaganya dapat meningkat, namun dapatkah berpengaruh ke umur mesin?

Thomas William selaku Tuner dari Reisen Motoshop mengatakan modifikasi pada komponen tidak berpengaruh terhadap umur mesin. Namun peningkatan tenaga yang dihasilkan, dapat berpengaruh terhadap umur. Seperti misalnya modifikasi throttle body down draft, komponennya tidak berpengaruh terhadap umur mesin namun karena performa yang meningkat dapat memiliki efek samping.

Istimewa

"Modifikasi down draft tidak berpengaruh terhadap umur mesin, yang berpengaruh terhadap umur mesin adalah karena tenaganya naik. Karena tenaganya naik, artinya usianya akan menjadi lebih pendek," ujar William ketika ditemui beberapa waktu lalu.

William menjelaskan, pabrikan motor telah membangun mesin dengan tenaga yang paling cocok dan teruji ketahanannya. Sementara ketika mesin standar tersebut dimodifikasi, terdapat komponen yang diperkuat di antara komponen standar. Sehingga komponen standarnya terasa lebih lemah dari lainnya.

Istimewa

"Ibaratnya gini, pabrikan sudah bikin motor dengan power tertentu yang sudah diuji selama beberapa puluh ribu kilomter. Begitu ada komponen yang diperkuat atau kita tingkatkan performanya, berarti ada part lain yang melemah. Karena enggak diganti tadi itu sih efeknya, karena sudah naik performa, komponen standarnya jadi lemah," tutup William.