Bedah Spesifikasi Motor Pembalap 14 Tahun Yamaha R15 Idemitsu Junior Pro

Bedah Spesifikasi Motor Pembalap 14 Tahun Yamaha R15 Idemitsu Junior Pro

Seperti yang telah kami beritakan, Kayla Natania menjadi pembalap perempuan berumur 14 tahun yang mengikuti ajang balap Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race Seri 1. Pada balapan ini, Kayla mengikuti kelas R15 Idemitsu Junior Pro. Menariknya, motor yang digunakan Kayla adalah Yamaha R15 V3 yang telah mendapatkan sejumlah ubahan.

Disep PJ selaku koordinator All New R15 Idemitsu bLU cRU Junior Pro mengatakan ubahan pada motor diutamakan sesuai dengan pembalap. Mengingat pembalap di kelas ini memiliki rentang umur dari 12 sampai 17 tahun, sehingga beberapa penyesuaian harus dilakukan. Ubahan yang dilakukan karena pembalap muda ini belum memiliki pengalaman dan tinggi yang cukup untuk menunggangi motor.

"Nah di sini ubahannya untuk safety-nya di bodi, suspensi depan, dan suspensi belakang itu memakai KYB. kemudian di bagian rem, selang rem-nya kita ganti. Bagian footstep diganti, ada lowering kit juga karena mereka kan tingginya belum sampai di bawah 150 cm," ujar Disep saat ditemui OtoMods di Sentul International Circuit, Minggu (19/6).

Foto: Brian

Dari pantauan langsung di lapangan, beberapa komponen RCB turut terpasang sesuai dengan modifikasi yang disebutkan oleh Disep. Komponen RCB di antaranya terletak pada footstep underbone dan selang rem. Sementara bodi fairing buta yang digunakan meniru milik Yamaha All New R15 V4.

Disep menyebutkan, dari segi mesin masih cukup standar dengan Yamaha R15 V3 yang diproduksi masal. Hanya saja terdapat beberapa settingan di bagian klep, suspensi, setang, dan tire pressure. Bagian suspensi depan juga terlihat menggunakan komponen yang berbeda dari standarnya.

Foto: Brian

"Suspensi depan upside down KYB, ada setelannya karena sudah racing. Beda sama yang V4, jadi ini khusus untuk balapan. Kalau motor kan sebenarnya yang V3, tapi dikasih bodi fairing buta dengan desain mirip V4. Terakhir ubahan di knalpot yang sudah pakai punya Sakura," papar Disep.

Sebagai tambahan informasi, Kayla telah menjalani balap motor sejak usia 12 tahun dengan menggunakan motor matic. Setelah lancar selama beberapa bulan, Kayla mendapatkan peningkatan menggunakan motor bebek. Hingga akhirnya di umur 14 tahun ini, Kayla memulai belajar di sekolah balap.