Bore-up Vespa 125 Jadi 150, Apa Saja Penyesuaiannya?

Bore-up Vespa 125 Jadi 150, Apa Saja Penyesuaiannya?

Seperti yang telah kami beritakan, melakukan peningkatan kubikasi mesin pada Vespa 125 i-get sangat mungkin dilakukan. Modifikasi ini hanya membutuhkan blok mesin dari sang kakak yang 150 cc yakni Sprint atau Primavera. Lantas jika pemasangan mesin sudah plug and play, mungkinkah terdapat penyesuaian di komponen lain.

Denil Sagita selaku pemilik bengkel Scooter VIP mengatakan meskipun Vespa LX dan S yang telah meningkat menjadi 125 cc, tetap terdapat beberapa komponen yang tidak bisa diubah. Salah satunya adalah komponen di dalam CVT. Menurutnya komponen CVT Vespa 125 cc memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan 150 cc.

Foto: Brian

"Tapi di CVT-nya memang berbeda, bagiann kopling, belt, variator itu berbeda karena lebih kecil. Mangkok, kopling dan belt itu beda lebih pendek," ujar Denil saat ditemui OtoMods, Rabu (15/6) di Bekasi.

Selain itu, menurut Denil Vespa S dan LX yang sudah ditingkatkan menjadi 150 cc harus menggunakan komponen Piggiback. Mengingat kubikasi mesin sudah meningkat, sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak dari standarnya. Jika tidak ingin mengganti ECU bawaan standar, maka harus menambah komponen piggyback.

Foto: Brian

"Cuma bedanya kalau di injeksi pakai piggyback, karena kan kalau dari pabrikan (ECU) begitu ada limiter ya. Jadi buat 125 cc dilimitin enggak sama seperti 150, makanya dibutuhin debit bahan bakar yang lebih besar kan. Makanya mengakalinya pakai piggyback," ujar Dennil.

Namun jika pemilik motor memiliki budget yang lebih leluasa, dapat menggunakan komponen ECU aftermarket. Mengingat beberapa ECU aftermarket sudah tidak memiliki limiter lagi. Salah satunya yang sering terdengar oleh Denil ada ECU aRacer.