Honda Modif Contest 2022 Sukses Digelar, Diikuti 900 Peserta

Honda Modif Contest 2022 Sukses Digelar, Diikuti 900 Peserta

Honda Modif Contest (HMC) 2022 secara resmi telah usai dengan Final Battle yang berlangsung pada akhir pekan kemarin. Setidaknya terdapat 900 peserta yang mengikuti kompetisi ini. Dari jumlah tersebut hanya tiga modifikator dari tiga daerah berbeda yang dinobatkan sebagai yang terbaik.

Ketiga pemenang tersebut adalah Ruslan dari Makassar, Sulawesi Selatan, dianugerahi modifikator terbaik pada kelas Matic & Cub. Pada kelas lainnya, Gema Merdeka Goeyardi dari Jakarta yang memenangi kategori Sport. Kemudian Dewa Putu Putra Pratama dari Bali sebagai modifikator terbaik kelas Free For All (FFA).

Foto: Istimewa

Honda Modif Contest 2022 digelar secara online dan offline di Sleman City Hall, Sleman, Yogyakarta. Pada Final Battle HMC 2022, tercatat terdapat 108 peserta yang telah bersaing dalam 9 kelas. Beragam karya modifikasi unik dan memiliki ciri khas masing-masing membuat juri harus berpikir keras.

Aditya Maulana selaku salah satu Juri HMC 2022 mengatakan ketiganya layak mendapat predikat pemenang terbaik. Terdapat beberapa alasan, faktor utamanya adalah ketiga pemenang memiliki konsep yang matang. Sehingga atas dasar tersebut, menghasilkan karya modifikasi terbaik.

Foto: Istimewa

”Faktor yang tidak kalah pentingnya, meskipun sudah dimodifikasi sedemikian rupa, tapi para modifikator tersebut mampu mempertahankan DNA motor Honda, sehingga ciri khas motor Honda masih bisa terlihat dengan jelas. Faktor keamanan dan kenyamanan juga dipertahankan. Ini sangat penting, karena bukan sekadar dipamerkan, tetapi juga aman ketika hendak dikendarai di jalan,” ujar Aditya.

Menariknya, kontes modifikasi kali ini tak hanya harus unik, kreatif, dan estetis, tetapi juga harus layak jalan. Sehingga unsur keamanan dan fungsionalitas harus benar-benar diperhatikan oleh modifikator. Modifikasi yang tidak sesuai dengan fungsinya pun menjadi pertimbangan dalam parameter penilaian juri.