Honda Vario 160 Berlivery Repsol, Modif Tipis Performa Bengis!

Honda Vario 160 Berlivery Repsol, Modif Tipis Performa Bengis!

Seperti diketahui Den Dimas memiliki Honda Vario 160 yang telah dimodifikasi dengan livery mirip tim Repsol Honda. Sejumlah ubahan pada motor tersebut pun dilakukan, baik secara tampilannya maupun performanya. Menariknya modifikasi yang dilakukan oleh Den Dimas terbilang cukup minim namun dapat memberikan performa yang lebih tinggi.

Pria yang memiliki nama asli Briano Kawenang ini menyebutkan memodifikasi Honda Vario 160 dengan budget mahasiswa. Sehingga secara pengerjaan disebutkan tidak dilakukan sekaligus, melainkan bertahap sesuai dengan budget seorang pelajar. Tahap pertama yang dimodifikasi olehnya adalah dari segi tampilan terlebih dahulu.

Foto: Brian

"Jadi tampilannya ini dicat oleh Katros Garage dengan livery yang mirip dengan Repsol Honda. Bedanya kalau Repsol Honda itu ada grafis Repsol-nya ya, kalau ini enggak ada. Terus kemarin pas MotoGP itu coba buat kejar tanda tangan pembalap Honda juga, cuma dapetnya cuma Pol Espargaro," ujar Den Dimas ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Kemudian setelah perihal pengecatan tampilan Honda Vario 160, Den Dimas pun fokus dengan meningkatkan performanya. Disebutkan dirinya hanya melakukan upgrade minor seperti mengganti knalpot, kemudian upgrade CVT, dan remap ECU. Hasilnya dengan ubahan yang cukup minimalis ini, mampu meningkatkan performa yang lebih besar.

Foto: Brian

"Pertamanya itu modifikasi knalpot dulu, karena maunya racing tapi enggak terlalu berisik jadi pakai WRX Silence Racing. Kemudian saya upgrade CVT atau kalau anak sekarang itu bilangnya kirian, di CVT itu cuma bubut pulley sama ganti roller saja. Terakhir baru remap ECU standar bawaan Honda Vario 160-nya," papar Den Dimas.

Sisanya Den Dimas hanya melakukan peningkatan di kaki-kaki dan pengereman dari Honda Vario 160. Di sektor pengereman, Nissin Samurai dipercayakan untuk membantu deselerasi dari mesin yang sudah meningkat performanya. Sementara di kaki-kaki, shockbreaker KTC diandalkan sebagai pengganti shock standar di belakang.