Modif Simpel Bisa Bikin Honda Vario 125 Lebih Bertenaga, Cuma Rp 3 Jutaan!

Modif Simpel Bisa Bikin Honda Vario 125 Lebih Bertenaga, Cuma Rp 3 Jutaan!

Honda Vario 125 menjadi varian terkecil dan termurah dari jajaran Vario Series saat ini. Model yang satu ini sebenarnya memiliki saudara kandung dengan mesin 150 cc yang lebih bertenaga. Namun jika Anda memiliki Vario 125, tidak perlu minder karena dapat dibuat lebih bertenaga dengan biaya yang lebih murah.

Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor di kawasan Palmerah mengatakan, untuk upgrade Honda Vario 125 hanya membutuhkan peningkatan di piston. Menurut Sutrisno selain piston yang lebih besar, perlu juga mengganti camshaft dari BRT. Bagian head cylinder juga perlu mendapatkan peningkatan dengan porting dan mengganti per klepnya.

Enzo

"Jadi enggak usah dibikin 150 cc, cukup pakai blok originalnya saja dikorter, dibesarin, masih bisa dan jadinya enggak terlalu mahal. Seher ukurannya cari yang jangan terlalu ekstrim, karena kalau terlalu ekstrim nanti getar. Kalau getar malah enggak enak dipakainya," ujar Tris saat ditemui beberapa waktu lalu.

Persoalan bagian head cylinder dari Honda Vario 125 memang cukup dilakukan porting saja. Porting dibutuhkan karena menyesuaikan ukuran piston yang sudah lebih besar daripada standarnya. Sehingga pemasukan bahan bakar dan pembuangan sisa pembakaran dapat dilakukan lebih lancar oleh mesin.

Foto: Brian

"Kalau dimodifikasi pistonnya terlalu besar, malah banyak yang diganti seperti throttle body, injektor, malah jadi kebanyakan biaya. Cari oversize di atas standarnya saja, tapi cari piston yang atasnya lebih jenong. Jadi kita naikin kompresinya, tapi enggak ekstrim banget," lanjut Tris.

Menurut Tris, sisanya cukup mengubah CVT dari Honda Vario 125. Karena bagian mesin sudah mengalami kenaikan tenaga yang mengharuskan untuk disesuaikan ke pengantar roda belakang. Soal biayanya, untuk keseluruhan ubahan tersebut disebutkan oleh Tris hanya memakan kocek hingga Rp 3 jutaan.