Modifikasi Honda ADV150 Berkaki Gambot, Bagian Mana yang Paling Sulit?

Modifikasi Honda ADV150 Berkaki Gambot, Bagian Mana yang Paling Sulit?

Katros Garage seperti kami beritakan telah memodifikasi Honda ADV150 dengan kaki-kaki yang gambot. Modifikasi ini mendapatkan sejumlah ubahan dari motor standarnya. Ubahan-ubahannya pun sudah kami beritakan sebelumnya, lantas dari ubahan tersebut mana yang paling sulit?

Andi Akbar alias Atenx selaku pemilik Katros Garage mengatakan bagian paling sulit pertama adalah membuat engine mounting. Menurutnya pembuatan engine mounting yang baru harus memiliki perhitungan yang tepat. Sehingga tampilan motor bisa lebih disesuaikan kembali.

"Paling sulit pertama itu memang pembuatan engine mounting, karena pengennya ADV150 ini tampilannya seperti X-ADV yang mana ban belakang lebih panjang dari lampu rem. Jadi engine mountingnya itu awalnya bikin 5 cm, ternyata masih kurang mundur jadi bikin lagi sampai 9 cm," pungkas Atenx Katros ketika ditemui OtoMods.

Foto: Brian

Selain engine mounting, Atenx mengaku menggunakan ban 150/60 ring 14 di bagian belakang juga cukup menyulitkan. Meskipun ukuran ban menyesuaikan kemampuan dari CVT, namun terdapat beberapa hal yang harus disesuaikan. Atenx mengaku penyesuaian mulai dari swing arm, jalur selang rem, hingga shockbreaker kanan.

"Jadi di swing arm itu ditambah bushingan biar bisa lebih ke kanan sesuai sama ban. Karena swing arm geser kan enggak mungkin shock kanan miring kan, jadinya ya bagian atas shock itu juga ditambah bushingan," pungkas Atenx.

"Sama selang rem itu diubah lagi jalurnya, sebelumnya kan posisi ban lebih deket. Karena sekarang lebih jauh, jadinya harus disesuain. Tapi selang rem enggak diubah karena masih cukup panjangnya, cuma agak dirapihin saja," tutup Atenx.