PLN Bikin Motor Listrik Konversi Berbasis Yamaha Scorpio Chopper!

PLN Bikin Motor Listrik Konversi Berbasis Yamaha Scorpio Chopper!

Motor kustom di Indonesia tampaknya modifikasinya semakin menarik belakangan ini. Bukan hanya dapat diubah secara tampilan, tetapi secara mesin juga bisa dikonversi ke tenaga listrik. Seperti yang dilakukan oleh pihak PLN Pushralis Bandung, membuat motor listrik berbasis Yamaha Scorpio dalam bentuk Chopper.

Anjar selaku Staff PLN di IIMS 2023 menyebutkan motor listrik tersebut menggunakan penggerak BLDC berkekuatan 3,5 kW. Penggerak itu sendiri berada di roda belakang bersamaan dengan tromol motor tersebut. Sementara untuk baterainya diakui menggunakan komponen dari Gesits.

Foto: Brian

"Motor ini basicnya adalah Yamaha Scorpio yang dibuat jadi Chopper. Penggeraknya sendiri kami pakai komponen dari Cina berkekuaran 3,5 kW. Jadi dia posisinya di penggerak belakang, langsung ke roda. Baterainya sendiri menggunakan komponen dari Gesits, dia 72 V 20 Ah ya," ujar Anjar ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Anjar sendiri menyebutkan, dengan spesifikasi tersebut motor dapat melaju hingga kecepatan 80 km/jam. Sementara untuk jarak tempuhnya menyesuaikan dengan komponen baterai Gesits. Satu baterai Gesits mampu menempuh 50 kilometer, dengan menggunakan dua baterai artinya mampu menempuh jarak 100 kilometer.

Foto: Brian

"Iya ini pakai dua baterai, jadinya kalau satu baterai Gesits saja bisa 50 kilometer berarti pakai dua jadi 100 kilometer. Namun jarak ini menyesuaikan dengan gaya berkendara dan kondisi jalan. Jika terus-terusan menggunakan kecepatan tertinggi, jalan yang tidak rata, banyak melewati tanjakan. Bisa saja jarak tempuhnya berkurang," papar Anjar.

Anjar menyebutkan, motor ini dibuat oleh PLN tidak untuk dijual ke publik. Melainkan dibuat untuk menunjukkan motor listrik berbasis dari motor konvensional dapat dilakukan.