Belum Puas Dengan Performa Standar, Honda Civic Type R Dimodifikasi Sampai Tembus 280 HP!

Belum Puas Dengan Performa Standar, Honda Civic Type R Dimodifikasi Sampai Tembus 280 HP!

Di keluarga Honda Civic FD, ada kasta tertingginya yaitu Honda Civic Type R dengan kode FD2R. Bisa dipastikan, Civic Type R ini adalah 'Treasure Hunt' para penggila Honda Civic di seluruh dunia. Tampilan dan performa mesinnya jauh diatas Civic biasa!

Honda Civic Type R FD2R ini sempat dijual oleh para Importir Umum sekitar tahun 2007 lalu, jumlah unitnya mungkin sekitar dibawah 20 unit. Jumlahnya yang sedikit itu juga yang membuat mobil ini semakin dicari dan juga harganya yang semakin 'gelap'.

Foto: bautenam

Pria yang bernama Willy Krisnajaya ini termasuk yang beruntung bisa memiliki Honda Civic Type R FD2R. "Gatel juga lihat standaran terus, kakinya keberatan! hahaha," gelak Willy. 

Bos car detailing Clean 'N Tidy di Kebon Jeruk ini memilih tuner J's Racing untuk memodifikasi Honda Civic Type R FD2R warna Championship White ini. "Tampangnya jadi makin sporty lagi, selain itu J's Racing juga termasuk jarang, bahkan rare yang dipakai untuk FD2R," tukasnya bersemangat. 

Foto: bautenam

Mulai dari bodykit depan berikut canard, grill, wide fender, bagasi, dan lainnya semua sudah pakai buatan J's Racing. Perpaduan antara cat Championship White dengan karbon membuat Honda Civic Type R FD2R ini jadi makin keren! "Kap mesin juga saya ganti yang karbon nih," tambahnya. 

Untuk pelek Honda Civic Type R FD2R, Willy mengandalkan merek Regamaster Desmond 18x9,5 inci rata dengan ban Yokohama Advan Neova AD08R jadi pilihan pria ramah ini. Suspensinya sudah pakai coilover Aragosta 1way juga beberapa part suspensi dari J's Racing dan Spoon biar makin ceper dan stabil. 

Penggunaan pelek tersebut terlihat begitu pas dengan Civic Type R ini, "Kalau pakai yang putih jadinya agak pucat, makanya saya pilih yang warna gelap," ucapnya.

Foto: bautenam

Nah, mesinnya yang serem nih! Blok asli Honda Civic Type R FD2R disimpan dan diganti dengan blok K24. Belum cukup juga memenuhi kebutuhan kakinya yang berat, internal pun banyak yang diganti dengan part high performance.

Mulai dari cam, piston, conrod, per klep dan klep, fuel pump, sampai semua bagian exhaust bawaan Honda Civic Type R FD2R sudah diganti semua. "Terakhir saya dyno dapat sekitar 280 HP," ujar pria ramah ini. 

Foto: bautenam

Terakhir, di interior Honda Civic Type R FD2R juga dimodifikasi meskipun hanya sedikit. Jok Recaro Type R bagian driver diganti dengan bucket seat Recaro RMS 2700G, lalu setir juga diganti pakai Spoon biar makin mantap. Top banget nih modifikasinya!