Honda Civic Type R Ini Tampilannya Persis Seperti Yang Ada Di Katalog Mugen, Performanya Juga Mantap Nih!

Honda Civic Type R Ini Tampilannya Persis Seperti Yang Ada Di Katalog Mugen, Performanya Juga Mantap Nih!

Meski Honda Civic Type R tampilan dan performanya sudah jauh diatas Civic biasa, namun ternyata banyak juga yang masih belum puas dengan segala kelebihannya itu. Bahkan umumnya modifikasi di sektor mesinnya jadi lebih berat dan pastinya jauh lebih kencang lagi.

Salah satu Honda Civic Type R FD2R yang dimodifikasi lagi adalah milik Haryanto Hie ini. "Dulu saya beli Civic FD baru di tahun 2009 dan saya modif full Mugen. Di tahun 2014 setelah Civic itu dijual, saya beli FD2R ini dalam kondisi benar-benar standar...akhirnya bisa kebeli FD2R juga!" seru pria yang akrab disapa Toto ini. 

Foto: bautenam

Sama seperti Honda Civic FD sebelumnya, modifnya menggunakan part Mugen lagi. "Mulai dari kap mesin, grill, front lips, spoiler, dan rear diffuser sampai mesin dan kaki-kaki juga pakai part Mugen," jelas juragan Lioncaves yang menjual beragam part modifikasi ini.

Untuk modifikasi Honda Civic Type R FD2R, di bagasi belakang ia rela menyimpan komponen aslinya, kemudian diganti dengan yang berbahan karbon. Tak berhenti sampai disitu, bagasi karbon tersebut pun ditambahkan rear wing spoiler Mugen. 

Foto: bautenam

Untuk meningkatkan performa mesin Honda Civic Type R FD2R itu, banyak part high performance yang dipasang. Setelah di dyno, mesin ini mampu menghasilkan power hingga 290 HP! "Enaknya lagi semua masih bisa distandarin lagi, karena saya gak ganti internal seperti piston, hanya camshaft, valve spring, dan lainnya," ucapnya. 

O ya, awalnya exhaust system Honda Civic Type R FD2R miliknya menggunakan Mugen fullset, "Tapi saya ganti karena dari Mugen sudah stop produksi, maka exhaust saya pake yang bikinan SNA probolinggo, header tetap Mugen karena takut mengurangi performa mesin," bilangnya.

Foto: bautenam

Perihal pelek, Toto memilih Mugen GP One Make Race Spec berukuran 18x9 inci rata untuk Honda Civic Type R FD2R. Pelek tersebut pun dibalut dengan ban Yokohama Advan Neova AD08R 255/35R18 depan dan 235/40R18 belakang. "Karena depan lebih lebar, jadi fender depan saya ganti pakai Feel's wide fender," tukas Toto. 

Untuk suspensinya, Honda Civic Type R FD2R ini memilih coilover Ohlins sudah terpasang. Lalu BBK Project Mu berikut kampas remnya dan rem belakang dari Mugen berikut kampas remnya juga jadi faktor penambah keamanan bagi Toto.

Foto: bautenam

Akhirnya, tampilan FD2R ala katalog Mugen yang Toto mau pun tercapai. "Menurut saya, ini adalah tampilan dan performa terbaik dari FD2R saya," tutupnya.