Mengungkap Rahasia Power Mesin Toyota Kijang Innova Bisa Tembus 490 HP

Mengungkap Rahasia Power Mesin Toyota Kijang Innova Bisa Tembus 490 HP

Fenomena 'diesel freak' alias pecinta mesin diesel berperfroma tinggi belakangan ini malah semakin meningkat. Bukan hanya di Jakarta, di kota Bandung pun juga begitu. Salah satunya adalah Toyota Kijang Innova diesel milik Tri Agung hasil garapan SS Performance Shop Bandung.

Bahkan menurut hasil dyno, mobil Toyota Kijang Innova ini powernya mencapai 490 HP setelah melewati beberapa kali tahapan modifikasi. Wah, apa saja racikan mesinnya sampai bisa powernya sebesar itu nih? 

Foto: bautenam

"Jadi dulu awal saya modif mobil ini supaya nggak ketinggalan teman-teman kalau touring, tadinya hanya pasang intercooler dan pasang Dastek saja. Langsung naik jadi 200 HP," gelak Tri. Dari situ, modifikasi Toyota Kijang Innova ini pun terus berjalan.

Oleh Teddy, punggawa SS Performance Shop, mesin diesel Toyota Kijang Innova ini langsung dipasang berbagai part performa tinggi. "Turbo kita ganti dengan turbo hybrid ala SS Performance. Lalu nozzle injector, camshaft, sampai intake juga kita ganti supaya performanya makin maksimal," jelas pria berkaca mata ini. 

Foto: bautenam

Kelebihan turbo hybrid racikan SS Performance ini menurut Teddy adalah 'less lag', "Jadi spooling time-nya lebih cepat," ucapnya. Selain itu, dengan spek mesin Toyota Kijang Innova yang sudah seperti itu, Teddy berani sampai ke 2,4 bar untuk boost turbonya ketika turun drag race.

Makin enak lagi karena transmisi Toyota Kijang Innova juga sudah di modifikasi dengan TransGo, "Jadi bisa mengimbangi mesin yang powernya besar," bilangnya. Hasilnya, "Waktu drag race pernah dapat best time total 8,870 detik untuk 201 m," tukasnya. 

Foto: bautenam

Nah, untuk mesin sekencang ini, sudah pasti kaki-kaki Toyota Kijang Innova juga harus dibenahi. Untuk pelek tri memilih Enkei Spyder NT-03RR 18 inci dengan ban Michelin Primacy yang dikenal gripnya mantap.

Lalu untuk suspensi Toyota Kijang Innova, coilover Tein sampai karet-karet suspensi diganti dengan produk Protoflex. "Rem juga ganti pakai BBK AP Racing, supaya lebih yakin ngeremnya" ujar Tri.

Foto: bautenam

Nah untuk pelengkap modifikasinya Toyota Kijang Innova, Tri juga menambahkan panel karbon di eksterior dan interior. Seperti di rear spoiler dan juga beberapa bagian di dasbor, seperti panel headunit dan area transmisi.

Bahkan audio Toyota Kijang Innova pun sudah di up-grade dengan settingan SQ. Jadi lebih santai pas line up drag race sambil denger lagu ya!