MINI Cooper S Tampil Racing Pakai Dapur Pacu Honda Mesin K20A

MINI Cooper S Tampil Racing Pakai Dapur Pacu Honda Mesin K20A

Modifikasi MINI Cooper S milik Mr. Sun sudah OtoMods bahas dari segi ubahan pada tampilannya. Mobil dari Thailand ini memiliki konsep racing yang bukan hanya tampilannya saja, tetapi berikut ke performanya. Menariknya jantung dari mobil tersebut bukan lagi berasal dari MINI, melainkan sudah diganti alias engine swap.

Dilansir dari Motortrend, MINI Cooper S tersebut tidak lagi menggunakan mesin 1.500 cc twin-turbo bawaan. Melainkan menggunakan dapur pacu Honda yang dipakai pada Civic Type R dan Integra DC5 yang berkode K20A. Menggunakan mesin Jepang tersebut tentunya bukan perkara mudah, sehingga beberapa komponen engine mounting harus dikustom.

Foto: Motortrend

Selain mengganti mesinnya, terdapat beberapa komponen jantung pacu MINI Cooper S yang ditingkatkan. Di antaranya terdapat penambahan valve set, belt set, oil injector set, oil gauge line, dan radiator besar dari K-Tuned. Sementara untuk mengatur komponen kelistrikan, mengandalkan ECU AEM S2.

Sayangnya, laporan tidak menyebutkan berapa tenaga yang dikeluarkan dari MINI Cooper S berjantung K20A tersebut. Namun yang jelas, tenaganya bisa melebihi dari kemampuan standar pabrikannya. Sebagai pengingat, MINI Cooper S memiliki tenaga dari mesin standar sebesar 212 dk dan torsi 202 Nm.

Foto: Motortrend

Secara tampilan, racing look sangat kental pada MINI Cooper S milik Mr Sun ini. Mulai dari bumper John Cooper Works, lips, side skirt spoiler, diffuser belakng, hingga warna dual tone yang sporty. Di sisi lain terdapat spoiler yang lebar di belakang yang menambah kesan racing.

Sementara untuk interior juga dirombak secara total yang enggak kalah ekstrim daripada sektor mesin. Area dasbor MINI Cooper S telah dilapisi dengan bahan Alcantara dengan corak kamuflase. Kemudian kabin disematkan jok bucket Recaro RSG, roll bar custom, dan baris kedua di lepas.