Toyota AE86 Trueno Modif untuk Drifting Pakai Mesin V8 dari Ferrari

Toyota AE86 Trueno Modif untuk Drifting Pakai Mesin V8 dari Ferrari

Toyota AE86 Trueno yang dimodifikasi untuk drift menggunakan mesin Ferrari menyita perhatian banyak orang beberapa tahun lalu. Mobil andalan pembalap Amerika Serikat yakni Fernando Montenero itu pun menjadi inspirasi banyak tuner. Fernando mengaku memilih mobil tersebut karena ketertarikan pada AE86.

Dilansir dari Motortrend, Fernando menyebut mobil drift miliknya dengan nama TrueRarri. Kata tersebut diambil dari penggabungan mesin Toyota AE86 Trueno dan mesin F430 Scuderia Ferrari. Mesin tersebut memiliki konfigurasi V8 dengan kapasitas mesin 4.300 cc.

Foto: Motortrend

Tak berhenti hanya dengan melakukan swap engine, mesin F430 Scuderia yang dipasangkan di Toyota AE86 Trueno juga mendapatkan peningkatan. Meskipun tidak banyak, namun bagian pembuangan mengandalkan header khusus dengan pipa knalpot berbentuk X menghadap ke depan. Hasilnya tentu mengeluarkan suara yang menggelegar dengan mesin V8 dari Ferrari tersebut.

Karena digunakan untuk drifting, kaki-kaki pada Toyota AE86 Trueno juga mendapatkan penyesuaian. Mulai dari coilover kustom yang dipadu dengan per Swift dan suspensi Tokico HTS. Kemudian juga terdapat tambahan strutbar chromoly yang dapat menambah kestabilan mobil.

Foto: Motortrend

Sementara di bagian sepatu mengandalkan pelek Rota Grid V berukurang 15 inci dengan lebar 8 inci. Kemudian pelek tersebut dibungkus dengan ban Toyo Proxes R888 di depan dengan lebar 205/50 ring 15 dan 225/50 ring 15. Untuk menambah kemampuan drifting, kaki-kaki diberikan angle kit untuk menambah sudut kelebaran ban depan.

Terakhir ke dalam interior, seperti mobil drifting pada umumnya Toyota AE86 Trueno ini telah menggunakan jok bucket Bride dan harness Takata. Kemudian komponen interior banyak yang tidak dipakai demi menambah keringanan mobil. Sementara untuk menjaga kestabilan, dipasangkan roll cage berwarna putih.