Toyota Buktikan GR Supra Bisa Jadi Mobil 10 Detik di SEMA Show

Toyota Buktikan GR Supra Bisa Jadi Mobil 10 Detik di SEMA Show

Toyota tampaknya sangat serius dalam menggarap potensi performa dari GR Supra. Terutama dalam SEMA Show 2022, pabrikan Jepang ini fokus untuk membuat mobil tersebut mampu melintasi seperempat mil dalam waktu 10 detik. Hal ini menjadi salah satu ciri khas seperti dalam franchise film Fast and Furious.

Dilansir dari Carbuzz, sang pabrikan melakukan sejumlah perombakan pada Toyota GR Supra agar dapat melaju 10 detik di lintasan 402 meter. Mulai dari membesarkan turbo, menggunakan dua intercooler berkinerja tinggi, hingga knalpot katalis 3,5 inci turut dipasang. Manajemen mesin pun turut direvisi untuk memaksimalkan potensi performanya.

Foto: Carbuzz

Bagian kaki-kaki dari Toyota GR Supra pun turut ditingkatkan untuk memaksimalkan hantaran tenaga ke roda. Seperti suspensi HKS, kemudian pelek Weld Belmont juga dipasang. Demi membantu traksi, satu sat ban drag Mickey Thompson pun diandalkan.

Hasilnya, Toyota GR Supra ini mampu meningkatkan tenaga yang sangat signifikan. Dari semula hanya menghasilkan 382 dk, dengan ubahan tersebut menjadi 620 dk. Sementara torsinya dari awalnya 498 Nm menjadi 799 Nm, perubahan tenaga yang cukup besar kan?

Foto: Carbuzz

Lantas catatan waktu mobil 10 detik menjadi penentu Toyota GR Supra untuk dapat dibilang legendaris. Video yang dipublikasikan Toyota menunjukkan, mobil modifikasi tersebut diuji di Ennis Speedway, Texas. Hasilnya, lintasan 402 meter tersebut menembus waktu 10,984 detik yang mengartikan mampu menyelesaikan misi.

Laporan menyebutkan, pada awal proyek tersebut Toyota membataskan anggaran hanya mencapai USD 10.000 atau setara Rp 154 jutaan. Namun dengan jumlah modifikasi yang disebutkan di atas, tampaknya angka tersebut masih kurang. Namun berita baiknya, semua bisa melihat kinerja dan potensi dari Toyota Supra generasi kelima ini.