Toyota Fortuner Siap Drag Race, Mesinnya Tembus 800 DK!

Toyota Fortuner Siap Drag Race, Mesinnya Tembus 800 DK!

Toyota Fortuner merupakan mobil SUV yang memiliki habitat di jalanan kurang rata hingga off-road. Namun jangan salah, mobil yang satu ini juga dapat dibuat untuk ajang Drag Race. Seperti Toyota Fortuner yang dimodifikasi oleh Sophon Garage asal Thailand.

Dilansir dari XO-Autosport, secara tampilan Toyota Fortuner garapan Sophon Garage masih terlihat simpel. Namun di dapur pacunya telah mendapatkan ubahan yang membuat tenaganya meningkat drastis. Bahkan disebutkan tenaganya mampu tembus 800 daya kuda.

Foto: XO-Autosport

Toyota Fortuner garapan Sophon Garage ini telah mengadopsi mesin 1UZ-FE. Mesin tersebut memiliki kubikasi 4.000 cc yang banyak digunakan pada Toyota Crown Majesta dan Lexus SC400. Bukan hanya mengganti mesinnya saja, tetapi sejumlah komponen berperforma tinggi turut dipasangkan.

Bagian piston dari mesin 1UZ-FE yang dipasang pada Toyota Fortuner ini telah diganti menggunakan Ross Racing 88 mm. Camshaft  pun diganti menggunakan komponen dari Kelford Cams. Beberapa komponen lainnya juga turut diganti seperti connecting rod Eagle dan valve Mactec.

Foto: XO-Autosport

Bukan hanya bagian dalam mesin 1UZ-FE, Toyota Fortuner ini juga mendapat turbo yang cukup besar yakni Borgwamer Boost EFR 7670. Beberapa part lain pun turut mengikuti seperti intercooler USA, westgate Medal Victory, upgrade injektor, hingga knalpot baru. Radiator alumunium pun turut dipasangkan agar dapat mendinginkan mesin.

Terakhir, untuk menyesuaikan semua komponen, sebuah ECU stand alone Link Thunder turut dipasangkan. Dengan sederet ubahan tersebut total tenaga yang tercatat di mesin dyno mencapai 800 dk. 

Foto: XO-Autosport

Dengan tenaga yang meningkat, sejumlah komponen juga harus mengikuti. Di antaranya adalah penyesuaian di kaki-kaki dengan sok breker Aztec di depan dan Tanabe di belakang. Sok breker tersebut dikawinka n dengan coil spring dari TRD.

Bagian pelek juga diganti menggunakan Cosmis XT-005R berukuran 20 inci dengan lebar 9,5 inci di depan dan 10,5 inci di belakang. Demi mendukung performa deselerasi, pengereman Big Brake Kit Brembo turut dipasangkan. Di rem depan mengandalkan Brembo 6 pot dengan disk 380 mm, sementara di belakang mengandalkan kaliper 4 pot dan disc 350 mm.