Mengenal PCD Pelek Mobil, Dudukan Baut Harus Pas!

Mengenal PCD Pelek Mobil, Dudukan Baut Harus Pas!

Seperti banyak diketahui, setiap modifikasi mobil tidak jauh dari yang namanya mengganti pelek. Pada setiap pelek pastinya memiliki PCD yang berbeda-beda untuk setiap mobil. Jika mobil menggunakan pelek dengan PCD yang salah, maka bisa berakibat fatal loh.

Wibowo Santosa selaku pemilik bengkel pelek Permaisuri Ban menyebutkan PCD alias Pitch Circle Diameter memiliki ukuran yang berbeda. Dirinya mencontohkan terdapat 4x100, 5x100, 5x112, 5x114, dan masih banyak lagi. Cara mengetahui ukuran PCD pun memiliki alat tersendiri.

Foto: Brian

"PCD itu bisa diukur pakai alat, biasanya setiap mobil bengkel pelek itu sudah tahu PCD berapa. Tapi kalau belum tahu, ya bisa diukur pakai alat, caranya adalah mengukur antara satu lubang baut dengan yang bersebrangan. Misalnya ada lima baut dan jarak antar bautnya 112 ya berarti 5x112, begitu," jelas Bowo sapaan akrabnya ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Ukuran PCD sendiri memang bermacam-macam pada setiap pelek mobil. Bahkan beberapa di antaranya memiliki PCD yang berbeda namun sangat mirip. Hal ini yang menurut Bowo harus diperhatikan, karena jangan sampai memasang pelek dengan PCD yang salah.

Foto: Brian

"Nah lubang baut PCD itu harus pas, tidak boleh cuma kena sedikit atau posisi baut tidak ditengah. Banyak yang nyama-nyamain, 112 sama 114 disamain itu enggak diperbolehkan. Kalau memang PCD mobil dan pelek berbeda, ya bubut dahulu sampai PCD nya sama," papar Bowo.

Bowo memaparkan, mengenai PCD tidak harus diketahui oleh pemilik mobil. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab setiap bengkel atau toko pelek yang mengerjakan. Di Permaisuri Ban sendiri, konsumen akan diedukasi mengenai pelek yang original, aman, dan benar untuk mobil.