Pelek Forged yang Peang Lebih Aman Dibetulkan Daripada Pelek Casting

Pelek Forged yang Peang Lebih Aman Dibetulkan Daripada Pelek Casting

Pelek menjadi perangkat yang dapat mempercantik tampilan mobil kesayangan. Namun apa jadinya jika mobil menghajar lubang atau jalanan yang kurang rata, hingga membuat pelek peang. Tentunya harga pelek yang tidak murah membuat pemilik ingin dapat membetulkan pelek yang sudah peang.

Namun membetulkan pelek yang sudah peang pun tidak bisa asal, harus mengetahui bengkel yang ahli terlebih dahulu. Perlu diingat, komponen yang satu ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan penumpangnya. Sehingga pengerjaannya pun tidak bisa asal.

Foto: Brian

"Ya harus tahu dulu bengkelnya jago atau enggak untuk betulin pelek yang sudah peang. Sebetulnya pelek yang dah peang pun tidak bisa kembali bulat sempurna 100 persen. Pelek baru pun juga sebenarnya tidak ada yang 100 persen bulat sempurna kan," ujar Wibowo Santosa saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Bowo sapaan akrabnya menyebutkan, jika membetulkan pelek fokrged yang sudah peang akan lebih mudah dibandingkan pelek cetak. Menurutnya karena bahan forged tidak dilebur dan dicetak sehingga materialnya lebih padat. Sementara pelek cetak tidak memiliki kepadatan yang sama seperti forged.

Foto: bautenam

"Ini lah yang membedakan pelek cetak dan forged. Kalau forged itu mudahnya seperti kayu jati, seratnya masih nyatu. Kalau pelek cetak itu kan seperti adonan, kepadatan metalnya berbeda. Jadi waktu peang, pelek forge itu masih lebih aman," jelasnya.

Bowo sendiri hanya menyarankan untuk membetulkan pelek yang sudah peang saja. Jika pelek sudah retak, maka tidak disarankan untuk dibetulkan. Hal ini dikarenakan penyambungan antara dua bahan dari pelek tersebut sulit untuk disamakan.