Modifikasi Yamaha R15 Lama Buatan SMK Bisa Sampai 21 WHP!

Modifikasi Yamaha R15 Lama Buatan SMK Bisa Sampai 21 WHP!

Yamaha R15 di Indonesia sudah hadir sejak beberapa generasi. Generasi pertama terbilang cukup tua karena masih mengandalkan mesin 150 cc. Namun ditangan yang tepat, motor tersebut bisa mencapai potensi optimalnya.

Seperti Yamaha R15 lama alias generasi pertama yang dibangun oleh Dika selaku Chief Mekanik SMK Walang Jaya. Yamaha R15 yang dibuatnya ini dikhususkan untuk balap Sunday Race. Menariknya, meskipun pakai model yang terbilang lama, namun modifikasinya mampu mendongkrak performa hingga ke tahap maksimal.

"Ubahannya sendiri kita ikut regulasi, jadi hanya ada di silinder head sama silinder body. Head-nya porting boleh, cam juga pakai modifiaksi, itu mengikuti regulasi. Camshaft-nya kustom dari noken as mentah," ujar Dika ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Sentul, Bogor.

Foto: Brian

Kemudian urusan bodi balap di Yamaha R15 lama, Dika mengaku bikin di bengkel rekanan yang diketahuinya. Bodi balap pada Yamaha R15 lama ini mengubahnya menjadi tanpa lampu alias blind fairing. Sementara di bagian kaki-kaki masih cukup standar, hanya saja bagian belakang sudah berubah menggunakan komponen aftermarket.

"Suspensi depan cuma di re-bound lagi dan kapasitas olinya disesuaikan. Bagian frame kita pakai setang B-Pro, footstep RCB, knalpot pakai Pro-Liner. yang di kokpit itu ada elektrikalnya, kebetulan di balapan ini boleh pakai yang bukan standar. Jadi kita pakai dari aRacer untuk ECU-nya," papar Dika.

Foto: Brian

Dika mengaku bagian throttle body Yamaha R15 lama juga mendapatkan modifikasi dengan reamer sampai 33 mm. Sementara di bagian pengereman masih menggunakan standar, hanya saja master rem depan menggunakan Yamaha R25. Bagian ban juga telah diganti menggunakan komponen balap, namun masih mengandalkan pelek standar.

Hasilnya pun cukup fantastis, Dika mengaku dari segi bobot Yamaha R15 lama mendapatkan penurunan sebesar 10 kg dan tenaganya menjadi 21 Wheel Horse Power (WHP). "Kalau dyno kita pernah hasil di R15 itu 21 hp, itu tertinggi dan angkanya itu on wheel. Kalau dari bobot ada pennurunan tapi enggak banyak lah, 10 kg ada mungkin secara total," pungkasnya.