Cerita Restorasi Modifikasi BMW E30 Convert Full Alpina

Cerita Restorasi Modifikasi BMW E30 Convert Full Alpina

BMW E30 merupakan mobil seri-3 tahun 1990-an yang banyak digemari anak muda Tanah Air saat ini. Mencari mobil ini dalam kondisi segar tentunya cukup menyulitkan. Seperti yang dilakukan Wisnu dari FAF Garage yang merestorasi BMW E30 menjadi baru menggunakan komponen dari Alpina.

Wisnu menyebutkan sejak awal dirinya mengincar BMW E30 Coupe, namun karena barang yang diinginkan sangat langka maka memilih E30 biasa. Pengerjaan untuk restorasi modifikasinya sendiri disebutkan memakan waktu selama 4 bulan. Sementara itu, mengenai komponen Alpina banyak mengandalkan situs jual beli ebay.

Foto: Brian

"Saya memang pengen yang dua pintu, tapi karena enggak dapet jadi ini saja enggak apa-apa. Makanya emblem di belakang ini 325 IS, karena ini emblem buat yang dua pintu. Kalau komponennya saya cari di ebay, jadi impor gitu lah, pengerjaannya sendiri butuh waktu 4 bulan," ujar Wisnu saat ditemui OtoMods di QBig, Sabtu (4/6) kemarin.

Proses restorasi pun cukup panjang, karena Wisnu tidak terlalu banyak melihat kondisi mobil. Komponen yang penting baginya pada saat membeli bahan adalah bodi dan kaki-kaki yang masih bagus. Sehingga komponen lain seperti mesin, diakuinya dalam kondisi yang sangat buruk yang kini diremajakan kembali hingga mencapai stage 2.

Foto: Brian

"Jadi mesin sudah kita porting polish, saya lagi pesan cam. Header dari depan sampai belakang bahannya stainless lalu mufflernya kami pakai Remus," pungkas Wisnu.

Beberapa komponen Alpina pun turut mempercantik BMW E30 milik Wisnu. Seperti body kit mulai dari bumper depan hingga ke belakang, pelek Alpina, hingga door handle. Beberapa komponen kecil dari Alpina juga melengkapi seperti injekan kaki, oil temperature, pentil ban, hingga ke handbrake.

Foto: Brian