Honda Freed Tampil JDM Cukup Pakai Komponen-Komponen Ini!

Honda Freed Tampil JDM Cukup Pakai Komponen-Komponen Ini!

Honda Freed merupakan mobil MPV yang pernah dipasarkan di Indonesia selama beberapa tahun. Ternyata meskipun memiliki nama yang sama, namun Honda Freed di Jepang punya tampilan yang berbeda dari versi di Tanah Air. Sehingga untuk membuat mobil boxy tersebut tampil JDM pun cukup mudah, hanya menggunakan komponen dari Jepang.

Muhammad Ilham Utama selaku pemilik Honda Freed atau Freed Butek mengatakan terdapat beberapa komponen di bagian eksterior yang membedakannya dengan JDM. Di bagian depan, perbedaan terdapat pada headlamp, grill, bumper, foglamp, garnish, hingga ke honeycomb. Sementara Honda Freed di Jepang juga memakai parking pole untuk membantu pengendara.

Foto: Brian

"Jadi ini komponennya adalah Honda Freed di Jepang. Kalau lips di bawah bumper itu sebenarnya untuk melindungi saja. Karena sayang kalau bumper mentok aspal, langsung kena," ujar Ilham ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Ilham mengatakan selain di depan, beberapa sektor lainnya juga menggunakan komponen Honda Freed Jepang. Seperti side skirt di bagian samping memiliki perbedaan untuk pasar Indonesia dan Jepang. Kemudian komponen negeri sakura lainnya juga terdapat di bagian belakang mobil.

Foto: Brian

"Side skirt, bumper belakang, dan stoplamp itu Hodna Freed Jepang. Nah spoiler masih originalnya, karena enggak ada bedanya untuk pasar Jepang sama Indonesia. Kecuali pakai Mugen, itu berbeda karena kalau mugen kan sudah street racing modifikasinya," pungkas Ilham.

Mengenai pembelian komponen-komponen Honda Freed Jepang menurutnya tidak terlalu mudah. Mengingat Ilham berada di komunitas Honda Freed Owners Indonesia (HOFOS) 2022, terdapat beberapa anggota yang menjual komponennya. Sehingga tidak perlu melakukan impor sendiri dari luar negeri.